Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aqua Zumba, Olahraga Dalam Air, Mau Coba?

Kompas.com - 24/02/2016, 06:12 WIB
Jonathan Adrian

Penulis

BANDUNG, KOMPAS.com – Pernah dengar zumba? Olahraga kardio ini belakangan memang sedang populer.

Zumba lazimnya dilakukan di darat (zumba land). Tapi di Bandung, ada jenis zumba yang tak lazim di Indonesia: aqua zumba.

Aqua zumba sejatinya adalah adaptasi dari zumba fitnes (zumba land), hanya dilakukan di air. Namun seiring perkembangan, terdapat beberapa penyesuaian gerak yang dilakukan, seperti melangkah di air, atau mengepakan kaki seperti berenang.

“Aqua zumba itu sebenarnya adaptasi dari zumba fitnes (zumba land) hanya dilakukan di dalam air,” ujar Instruktur Aqua Zumba, Santi, di area kolam renang Best Western Premier La Grande Hotel, Bandung, Sabtu (20/2/2016).

Satu sesi aqua zumba berlangsung selama 45 menit. Pengunjung akan dipandu melakukan pemanasan di kolam dan melakukan gerakan-gerakan menguatkan otot di dalam air.

Iringan musik up-beat membuat gerakan semakin lincah. Seringkali peserta dipinta melakukan gerakan-gerakan yang tampak sederhana tapi berat, seperti berjalan di atas air, melawan air, atau mengepakan kaki dalam air.

“Kalau dihitung kalori yang terbakar itu sama banyak dengan zumba land, hanya karena di air jadi keringatnya tidak terlihat,” terang Santi.

Aqua zumba ini dilakukan di air dengan kedalaman 1,25 meter. Selain itu suhu air juga diatur sedemikian rupa pada 34 derajat celcius.

“Tempat ini (kolam renang Best Western Premier La Grande Hotel) cocok karena ketinggian air dan suhunya yang hangat, jadi otot lebih rileks dan tidak mudah tegang,” tambah Santi.

Tak ada batasan atau syarat khusus untuk mengikuti aqua zumba. Siapa saja dengan usia berapa saja dapat ikut, asal kaki mampu menapak di dasar kolam, dan ketinggian air sedada peserta.

KOMPAS.COM/JONATHAN ADRIAN Meski dilakukan di dalam air, istruktur aqua zumba harus berada di atas agar gerakannya dapat dilihat dan ditiru dengan jelas. Aqua Zumba di kolam renang Best Western Premier La Grande Hotel, Bandung, Sabtu (20/2/2016).
Namun, olahraga ini menurut Santi sangat cocok bagi mereka yang berusia tua. “Cocok karena dilakukan di air, jadi benturan sendi-sendi tak begitu keras,” terang Santi.

Meski tampak sederhana, aqua zumba cukup melelahkan, dan memberi hasil sama seperti melakukan zumba fitness atau zumba di darat. Untuk itu Santi menyarankan orang dengan usia tua melakukan olahraga ini.

“Bahkan kita harus mengurangi durasinya ya, kalau di darat satu jam, di air 45 menit, itu sudah ama efeknya,” terang Santi.

Jika ingin mengikuti Aqua Zumba, pengunjung dapat mendaftar di Kolam Renang Best Western Premier La Grande Hotel, Jalan Merdeka, Bandung. Pengunjung dipatok harga Rp 80.000 per orang.

Tak perlu khawatir karena peserta tak perlu menginap atau memesan kamar di hotel ini untuk dapat mengikuti aqua zumba. Cukup datang hari Kamis ke kolam renang di lantai empat dan membayar uang pendaftaran. Setiap orang dapat mengikuti olahraga ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com