Yuk, Berburu Cendera Mata di Kaki Gunung Papandayan

Kompas.com - 24/02/2016, 13:02 WIB
Aneka cinderamata yang dijual di salah satu kios di kaki Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat, Sabtu (20/2/2016). Yoga Hastyadi / KOMPAS.comAneka cinderamata yang dijual di salah satu kios di kaki Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat, Sabtu (20/2/2016).
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

GARUT, KOMPAS.com – Pergi ke suatu tempat wisata tanpa membawa cendera mata rasanya kurang “pas”. Berbagai macam cendera mata seperti gelang, kalung, kaus, dan aneka buah tangan dapat ditemukan di pusat-pusat perbelanjaan.

Nah, begitu juga saat pergi mendaki Gunung Papandayan di Garut, Jawa Barat. Jangan lewatkan membeli aneka cendera mata dari pedagang-pedagang di sekitar titik awal pendakian yakni Camp David.

(Baca juga: Mau Mendaki Gunung Papandayan? Baca Tips Ini Dulu...)

Di dekat pos pemeriksaan, berjajar etalase-etalase di bawah tenda kecil yang memuat barang-barang yang dapat dibeli oleh pendaki yang datang ke Gunung Papandayan. Pedagang juga ada yang berjualan di dekat mulut pintu pendakian.

Salah satu pedagang cendera mata di Gunung Papandayan, Isah (22) kepada KompasTravel sempat menawarkan aneka suvenir seperti gelang, gantungan kunci, topi, kaos, kalung, sandal gunung, stiker, dan juga emblem bertuliskan “Gunung Papandayan”.

Yoga Hastyadi / KOMPAS.com Penjual cinderamata di kaki Gunung Papandayan, Isah (22) tengah menawarkan barang dagangannya kepada para pendaki, Sabtu (20/2/2016).
“Silahkan dipilih cendera matanya. Kalau kaus bahannya katun. Ada lengan panjang dan juga lengan pendek,” kata Isah.

Cendera mata seperti gelang, ada yang terbuat dari bahan kayu, akrilik, maupun tulang. Sementara, kaus tersedia untuk berbagai ukuran untuk tubuh pendaki.

Untuk aneka jenis kalung, Isah menuturkan harga berkisar mulai dari Rp 10.000 – Rp 15.000, gelang mulai dari Rp 5.000 – Rp 7.000, kaus seharga Rp 50.000 – Rp 60.000, gantungan kunci Rp 7.500, sandal gunung Rp 125.000, dan emblem dari harga Rp 5.000.

(Baca juga: Tak Hanya Manusia, Motor Pun Mendaki Gunung Papandayan)

Selain menyediakan cendera mata, beberapa kios juga menyediakan perlengkapan pendakian seperti tabung gas, spiritus, dan juga kaus kaki. Isah mengatakan kios-kios di sekitar Camp David berjumlah sekitar tujuh kios.

Pendaki tak akan kesulitan untuk menemukan lokasi kios-kios cendera mata itu. Letak kios-kios tersebut tepat di dekat pintu pendakian.

Kios-kios cendera mata di Gunung Papandayan buka hingga sore hari sekitar pukul 18.00 WIB. Kios-kios tersebut, menurut Isah, dijaga oleh warga-warga desa di sekitar Gunung Papandayan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X