Kompas.com - 25/02/2016, 16:39 WIB
EditorI Made Asdhiana
CANDA dan tawa melengkapi aktivitas puluhan warga Kampung Adat Prai Ijing, Kecamatan Waikabubak, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur, Minggu (14/2/2016) pagi.

Keceriaan itu terjadi saat mereka bergotong royong membongkar salah satu rumah adat milik warga.

KOMPAS/WISNU WIDIANTORO Menenun, salah satu aktivitas warga Kampung Adat Prai Ijing, Kecamatan Waikabubak, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.
Gotong royong dan saling membantu masih terasa kental di kampung itu.

Di rumah-rumah lain, kaum perempuan dan anak beraktivitas seperti biasa. Menumbuk gabah, memasak, memanen jagung, dan menenun kain menjadi pemandangan sehari-hari.

Sementara anak-anak bermain kelereng di depan rumah di antara kubur batu leluhur mereka.

KOMPAS/WISNU WIDIANTORO Kubur batu di Kampung Adat Prai Ijing, Kecamatan Waikabubak, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.
Di kampung itu, semua rumah warga berupa rumah panggung. Rumah dibangun dari kayu dan bambu dengan atap alang-alang kering. Saat ini, sepuluh rumah warga sedang direnovasi.

Atap rumah yang mulai bocor serta kayu dan bambu yang lapuk menjadi alasan renovasi.

KOMPAS/WISNU WIDIANTORO Istirahat minum air disela-sela membangun rumah oleh warga Kampung Adat Prai Ijing, Kecamatan Waikabubak, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.
Ya, seperti rumah warga yang mulai dibongkar secara gotong royong untuk dibangun kembali.

Rumah tradisional dengan hiasan tengkorak kerbau dan rahang babi yang tetap dipertahankan itu menjadi tanda masih dipeliharanya adat Sumba. (Wisnu Widiantoro)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.