Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko Dipromosikan ke Thailand

Kompas.com - 25/02/2016, 18:22 WIB
MAGELANG, KOMPAS.com - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, perusahaan di bawah Badan Usaha Milik Negara, ikut mempromosikan destinasi wisata religi dan edukasi Indonesia ke Thailand guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke Tanah Air.

"Keikutsertaan PT TWCBPRB dalam Thai International Travel Fair (TITF) itu untuk ikut mempromosikan destinasi wisata religi dan edukasi," kata Associate Marketing Support PT TWCBPRB Agus Susanto yang dihubungi dari Magelang, Kamis (25/2/2016). (Baca: Jatuh Bangun Candi Borobudur Menuju Destinasi Wisata Dunia)

Ia mengatakan TITF 2016 di Queen Sirikit National Convention, Thailand, diselenggarakan oleh Thai Travel Agents Association pada 17-21 Februari 2016 yang diikuti para pengelola kepariwisataan unggulan dunia dari berbagai negara.

Agus mengatakan PT TWCBPRB bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Provinsi DIY dan Kedutaan Besar RI di Bangkok, maskapai penerbangan Garuda Indonesia. (Baca: Menpar Minta Pengelola Borobudur Tindak Lanjuti Instruksi Jokowi)

Ajang tersebut, menurut Agus, juga untuk mempromosikan berbagai aktivitas lainnya terkait dengan potensi wisata, termasuk kegiatan sosial dan budaya masyarakat sekitar obyek wisata.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Pengunjung menikmati senja di pelataran Candi Prambanan, DI Yogyakarta, Selasa (24/5/2011). Candi Prambanan telah menjadi salah satu ikon pariwisata Indonesia dan kemegahannya terus menghadirkan daya tarik bagi wisatawan dari berbagai penjuru dunia.
Ia menjelaskan gerai pameran wisata yang dibuka PT TWCBPRB pada ajang tersebut mendapat sambutan antusias masyarakat Thailand yang mayoritas pemeluk Buddha.

"Kami buka 'stand' pameran, untuk memberikan berbagai informasi wisata yang kami kelola. Mereka mengunjungi 'stand' kami dan menanyakan berbagai hal tentang kepariwisataan candi yang kami kelola," ujarnya.

Selama ini, lanjut Agus, pihaknya mengelola kepariwisataan Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, yang letaknya di kawasan perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan DIY.

Candi Borobudur yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Indonesia. Candi yang juga warisan budaya dunia itu, dibangun sekitar abad ke-8 pada masa pemerintahan Dinasti Syailendra.

"Terlebih Candi Borobudur sebagai candi Buddha terbesar di dunia, sedangkan mayoritas masyarakat Thailand beragama Buddha, sehingga promosi ke Thailand sebagai kesempatan yang baik untuk menarik masyarakat dari negeri itu berkunjung ke Candi Borobudur," katanya.

KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO Pekerja membersihkan rumput di kompleks Candi Ratu Boko, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (28/3/2011).
Selain itu, keikutsertaan TWCBPRB pada kegiatan tersebut semakin memperkuat jalinan kerja sama antara kedua negara karena akan berpengaruh terhadap peningkatan kunjungan wisata ke Indonesia, terutama Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko.

Agus mengharapkan peningkatan infrastruktur, seperti bandara dan pelabuhan di Yogyakarta dan Jawa Tengah, bisa segera diwujudkan agar upaya meningkatkan kunjungan wisata bisa tercapai.

Upaya promosi wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko, selama ini juga dilakukan PT TWCBPRB ke berbagai negara lainnya dan berbagai kota besar di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com