Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik, "River Tubing" Lengkapi Wisata Pantai Payangan Jember

Kompas.com - 29/02/2016, 19:05 WIB

JEMBER, KOMPAS.com - Permainan arung jeram dengan menggunakan ban atau "river tubing" semakin melengkapi obyek wisata Pantai Payangan yang berada di Kabupaten Jember, Jawa Timur.

"River tubing merupakan salah satu wahana permainan baru di Pantai Payangan yang mulai dikembangkan oleh kelompok nelayan karena saat ini memasuki musim paceklik," kata anggota kelompok nelayan yang mengembangkan river tubing di Pantai Payangan, Abdul Rahman di Jember, Minggu (29/2/2016).

(Baca juga: Wisata Sehari di Jember? Ini Panduannya)

Menurut dia, arung jeram dengan menggunakan sebuah ban di aliran Sungai Mayang, Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu tersebut berbeda dengan tubing lainnya di beberapa daerah karena tubing di Pantai Payangan Jember dilakukan di muara sungai, dengan ditarik sebuah perahu nelayan.

"Tubing ditarik dengan perahu yang memiliki mesin, sehingga kecepatan meluncur wisatawan di muara sungai dapat dikendalikan sesuai dengan permintaan wisatawan," katanya.

Selama menyusuri aliran muara sungai dengan menggunakan tubing, wisatawan dapat menikmati keindahan alam sekitar, termasuk hutan mangrove di sekitar Pantai Payangan.

"Wisatawan hanya membayar Rp 20.000 per orang untuk menikmati serunya river tubing di muara sungai hingga perairan Pantai Payangan Jember," ujarnya.

(Baca juga: Pelesir ke Jember Bukan Hanya Pantai, Coba 4 Obyek Wisata Ini...)

Abdul mengatakan kelompok nelayan juga mengajak wisatawan melakukan pelestarian alam di sekitar muara Pantai Payangan dengan menaman pohon bakau, setelah mereka menikmati serunya permainan "river tubing".

"Mudah-mudahan dengan wahana wisata baru berupa 'river tubing' di Pantai Payangan Jember dapat meningkatkan perekonomian nelayan yang kini memasuki musim paceklik," katanya menambahkan.

Sementara salah seorang pengunjung, Anisa, mengaku puas menikmati river tubing di muara sungai sambil menikmati keindahan bukit dan Teluk Love di Pantai Payangan Jember.

"Wah seru sekali bermain tubing di muara sungai dan memang beda dengan arung jeram di sungai beraliran deras, namun kami bersama teman-teman sangat menikmatinya," tuturnya.

(Baca juga: Pantai Bandealit, Watu Ulo, dan Payangan, Obyek Wisata Alternatif di Jember)

Pantai Payangan merupakan salah satu obyek wisata yang belum dikelola oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember, namun wisata alam di Desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu tersebut kini menjadi salah satu wisata primadona di Jember.

Keindahan Pantai Payangan tersebut cukup unik karena terdapat empat garis pantai, tiga buah bukit dan sebuah pulau yang membuat pemandangan di pantai selatan itu menjadi semakin cantik nan memukau. (Antara/Zumrotun Solichah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com