Hutan Pinus di Lereng Merbabu Ini Suasananya Keren untuk "Selfie"

Kompas.com - 01/03/2016, 01:03 WIB
Pengunjung bersantai di kawasan Hutan Pinus, Kragilan. Tribun Jogja/Hamim ThohariPengunjung bersantai di kawasan Hutan Pinus, Kragilan.
EditorNi Luh Made Pertiwi F
MAGELANG, KOMPAS.com - Lereng Gunung Merbabu yang ada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menyimpan potensi wisata alam yang begitu besar.

Tidak hanya wisata Gardu Pandang Ketep Pass yang selama ini telah banyak dikenal masyarakat, beberapa spot wisata lainnya juga tidak kalah menarik.

Top Selfie Pinusan Kragilan adalah salah satu obyek wisata di lereng Merbabu yang akhir-akhir ini banyak diperbincangkan.

Lokasi tempat wisata ini tidak terlalu jauh dari Ketep Pass, sekitar lima kilometer. Jika dari Ketep Pass arahnya masih terus naik, menuju arah ke Kopeng.

Terletak di Dusun Kragilan, Desa Pogalan, Kecamtan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, tempat wisata yang masih terhitung baru ini menawarkan keindahan dan kesejukan hutan pinus di lereng Merbabu.

Karena keindahannya tersebut, sejak setahun terakhir ini, Top Selfie Pinusan Kragilan ini diserbu wisatawan yang sebagian besar adalah remaja yang hobi selfie atu foto-foto.

"Tempat ini resmi dibuka untuk umum pada Mei 2015," ujar Jumadi, salah satu warga Kragilan.

Lebih lanjut Jumadi mengatakan, masyarakat Kragilan memutuskan mengelola hutan pinus yang ada di wilayah desa mereka karena banyaknya pengunjung setiap harinya.

"Dulu kan tidak ada pengamanan dan tidak ada tempat parkir resmi, sehingga sedikit kurang tertata, akhirnya kami kelola agar lebih baik," ujarnya.

Salah satu spot foto favorit di Top Selfie Pinusan Kragilan adalah di jalan menuju Dusun Kragilan yang membelah hutan pinus milik Perhutani tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X