Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hutan Pinus di Lereng Merbabu Ini Suasananya Keren untuk "Selfie"

Kompas.com - 01/03/2016, 01:03 WIB
MAGELANG, KOMPAS.com - Lereng Gunung Merbabu yang ada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, menyimpan potensi wisata alam yang begitu besar.

Tidak hanya wisata Gardu Pandang Ketep Pass yang selama ini telah banyak dikenal masyarakat, beberapa spot wisata lainnya juga tidak kalah menarik.

Top Selfie Pinusan Kragilan adalah salah satu obyek wisata di lereng Merbabu yang akhir-akhir ini banyak diperbincangkan.

Lokasi tempat wisata ini tidak terlalu jauh dari Ketep Pass, sekitar lima kilometer. Jika dari Ketep Pass arahnya masih terus naik, menuju arah ke Kopeng.

Terletak di Dusun Kragilan, Desa Pogalan, Kecamtan Pakis, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, tempat wisata yang masih terhitung baru ini menawarkan keindahan dan kesejukan hutan pinus di lereng Merbabu.

Karena keindahannya tersebut, sejak setahun terakhir ini, Top Selfie Pinusan Kragilan ini diserbu wisatawan yang sebagian besar adalah remaja yang hobi selfie atu foto-foto.

"Tempat ini resmi dibuka untuk umum pada Mei 2015," ujar Jumadi, salah satu warga Kragilan.

Lebih lanjut Jumadi mengatakan, masyarakat Kragilan memutuskan mengelola hutan pinus yang ada di wilayah desa mereka karena banyaknya pengunjung setiap harinya.

"Dulu kan tidak ada pengamanan dan tidak ada tempat parkir resmi, sehingga sedikit kurang tertata, akhirnya kami kelola agar lebih baik," ujarnya.

Salah satu spot foto favorit di Top Selfie Pinusan Kragilan adalah di jalan menuju Dusun Kragilan yang membelah hutan pinus milik Perhutani tersebut.

Jalan yang naik dan di kiri kanannya terdapat pohon pinus yang menjulang tinggi memberikan hasil foto dengan sudut pandang yang menarik. Di tengah rimbunnya hutan pinus juga tidak kalah apiknya dijadikan lokasi selfie atau foto-foto.

Tribun Jogja/Hamim Thohari Hutan Pinus, Kragilan.
Sejumlah fasilitas seperti ayunan dan rumah panggung juga menjadi tempat menarik untuk foto-foto serta bersantai menikmati keindahan dan kesegaran tempat wisata ini.

Seiring dengan semakin bertambahnya jumlah wisatawan, sejumlah fasilitas dibangun di sana. Mulai dari kamar mandi dan sejumlah warung sederhana yang menjual beragam makanan dan minuman.

"Di sini juga ada arena flying fox, tetapi dikelola secara pribadi oleh salah satu warga kami. Untuk mencobanya, pengunjung dikenakan tarif Rp 10.000," ujar Jumadi.

Untuk masuk ke kawasan Top Selfie Pinusan Kragilan, pengunjung dikenakan tarif berdasarkan kendaraan yang digunakan. Pengendara sepeda motor tarifnya Rp 3.000 sedangkan kendaraan roda empat Rp 10.000.

Jika Anda dari Yogyakarta dan ingin berwisata ke tempat ini, arahkan kendaraan Anda menuju kota Magelang. Sesampai di lampu merah Blabak belok kanan menuju arah Ketep Pass.

Dari Ketep masih terus naik sekitar empat kilometer arah Kopeng. Dari jalan utama tersebut Anda akan menyaksikan gapuran bertulis "Welcome To Top Selfie".

Selama perjalanan Anda akan dimanjakan dengan segarnya udara dan pemandangan di lereng Gunung Merbabu yang hijau dengan aneka kebun sayuran. (Tribun Jogja/Hamim Thohari)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com