Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Optimistis GMT Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

Kompas.com - 01/03/2016, 06:52 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla optimistis gerhana matahari total (GMT) yang akan terjadi 9 Maret 2016 akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia.

"GMT ini positif karena akan menarik banyak wisatawan sekaligus mengkoreksi GMT pada 1983 di mana orang diajar salah karena tidak bisa melihat dan harus tinggal di dalam rumah," ujar Kalla di Jakarta, Senin (29/2/2016). (Baca: Inilah Titik-titik Pengamatan GMT di Maluku Utara)

Wapres menyebutkan GMT merupakan fenomena langka maka orang dianjurkan untuk melihat meski harus menggunakan kacamata khusus.

"Saya baru dapat informasi semua hotel di kota yang dapat melihat GMT penuh, yang menarik di Ternate dan Palu sudah dipesan sejak 2014. Saya juga masih cari tempat yang kosong," katanya. (Baca: Menyelam dan Pesta "Barbeque" di Bengkulu, Paket Wisata GMT)

Kepala Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengatakan ada 12 provinsi di Indonesia yang daratannya akan dilalui GMT.

Provinsi-provinsi itu antara lain Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Maluku Utara.

"Pada sebagian atau bagian dari 12 provinsi yang dilewati GMT akan mengalami kegelapan hingga 90 persen. Sedangkan di Jawa dan daerah lainnya di Indonesia hanya akan terjadi gerhana matahari sebagian dengan kegelapan mencapai 50 hingga 60 persen," kata Thomas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com