Kompas.com - 02/03/2016, 20:25 WIB
EditorI Made Asdhiana
KUALA LUMPUR, KOMPAS — Program diskon kembali hadir selama sebulan penuh di Malaysia lewat program Malaysia Super Sale and Shopping Malaysia Grand Launch 2016. Kegiatan yang berlangsung 1-31 Maret 2016 ini akan diikuti sekitar 500 pusat perbelanjaan di sejumlah sudut kota Malaysia.

Diskon yang ditawarkan dalam kegiatan ini mencapai 70 persen. Selain aneka merek internasional, merek lokal, seperti Vincci, juga ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Demikian dilaporkan wartawan Kompas, Agnes Rita Sulistyawaty, dari Kuala Lumpur, Malaysia.

General Director Malaysia Tourism Promotion Board Datuk Seri Mirza Mohammad Taiyab mengatakan, kegiatan ini sudah dilaksanakan sejak tahun 2000 di Malaysia.

"Kegiatan ini kami adakan untuk menarik wisatawan mancanegara berkunjung ke Malaysia dan berbelanja. Sebab, dengan potongan harga yang kami tawarkan, harga barang di sini jauh lebih murah dibandingkan dengan di negara lain, seperti Singapura dan Indonesia," kata Mirza dalam wawancara dengan Kompas, Selasa (1/3/2016).

Selain pesta diskon pada awal tahun, tercatat ada dua kegiatan serupa yang diselenggarakan di Malaysia. Pada pertengahan tahun, ada kegiatan mega supersale dan year end supersale di pengujung tahun. Ketiga kegiatan pesta diskon itu dilaksanakan sejak tahun 2003.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menarik minat wisatawan berkunjung ke Malaysia. Tahun ini, Pemerintah Malaysia menargetkan jumlah kunjungan wisatawan sampai 30 juta orang atau naik dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu, yakni 23,14 juta orang.

Jumlah kunjungan wisatawan ini bahkan hampir menyamai jumlah penduduk Malaysia yang berjumlah 29 juta jiwa. Pendapatan dari belanja turis tahun ini ditargetkan mencapai 103 juta ringgit Malaysia (Rp 330,5 miliar).

Deputy Minister of Tourism and Culture Malaysia Datuk Hajah Ermieyati bin Samsudin mengatakan, kegiatan supersale ini merupakan bagian dari promosi Malaysia sebagai tempat yang nyaman untuk belanja dan mendapatkan harga terbaik.

Untuk acara kali ini, tercatat 609 usaha kecil menengah turut berpartisipasi. UKM ini tidak hanya berasal dari Malaysia, tetapi juga dari luar negeri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.