Kompas.com - 03/03/2016, 12:04 WIB
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia berupaya menjaring wisatawan mancanegara (wisman) asal Malaysia melalui keterlibatan dalam acara pameran wisata Matta Fair yang akan digelar di Kuala Lumpur, Malaysia, 11-13 Maret 2016.

"Indonesia akan memaksimalkan keikutsertaan dalam Matta Fair 2016 di Kuala Lumpur dengan menawarkan obyek wisata di sejumlah daerah sebagai destinasi liburan yang menarik untuk dikunjungi," kata Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana di Jakarta, Selasa (1/3/2016).

Ia mengatakan, Malaysia merupakan pasar potensial bagi pariwisata Indonesia. Selain dekat secara geografis, Malaysia juga dekat secara budaya atau sesama rumpun Melayu.

Dalam ajang Matta Fair 2016 yang akan pada digelar 11-13 Maret 2016, rencananya Kementerian Pariwisata fokus pada pengembangan 10 destinasi prioritas atau yang sering disebut 10 Bali baru itu.

Sebanyak 10 destinasi itu di antaranya Danau Toba di Sumatera Utara, Tanjung Kelayang Belitung, Borobudur Jawa Tengah, Bromo di Jawa Timur, Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Tanjung Lesung di Banten, Morotai di Maluku Utara, Kepulauan Seribu di Jakarta, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, dan Wakatobi di Sulawesi Tenggara.

KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA Wisatawan di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Minggu (9/8/2015).
"Kita menjual destinasi yang menarik, agen travel lokal menyediakan perjalanan ke tujuan destinasi. Apalagi saat ini, Indonesia kembali diakui sebagai ASEAN favourite destination. Mengunjungi Indonesia tidak akan rugi," kata Pitana.

Menurut rencana sebanyak 50 industri pariwisata yang terdiri dari Hotel, DMO, atraksi dan 20 agen lokal Malaysia yang menjual paket wisata ke Indonesia akan ikut serta dalam pameran wisata tahunan Matta Fair 2016.

"Ini adalah rujukan warga Malaysia dalam mencari alternatif tujuan wisata ke luar negeri. Karenanya, para pelaku industri pariwisata tadi diberi misi mengajak wisatawan asing berkunjung ke Indonesia," kata Pitana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.