Warna-warni Air Mancur Terbesar di Asia Tenggara

Kompas.com - 04/03/2016, 17:08 WIB
Pertunjukan air mancur di Taman Sri Baduga, Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (2/3/2016) malam. Air mancur ini diklaim adalah yang terbesar di Asia Tenggara. KOMPAS.com / Wahyu Adityo ProdjoPertunjukan air mancur di Taman Sri Baduga, Purwakarta, Jawa Barat, Rabu (2/3/2016) malam. Air mancur ini diklaim adalah yang terbesar di Asia Tenggara.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

PURWAKARTA, KOMPAS.com- Deret air berwarna-warni menari meliuk-liuk lincah bak penari. Goyangannya seakan membius mata para penonton di Taman Sri Baduga (Situ Buleud), Purwakarta, Jawa Barat.

Secara cekatan, tangan-tangan penonton langsung mengambil telepon pintar dari saku celana untuk mendokumentasikan tarian-tarian malam itu.

Liukan air-air itu diiringi oleh lantunan lagu yang secara beruntun diputar. Sepotong lagu Tanah Air tampak menggema memenuhi sudut-sudut ruang publik milik masyarakat Purwakarta. Penonton terkesan dan tak mau ketinggalan untuk berfoto.

Kerlap kerlip lampu yang mewarnai air mancur kian menarik mata ke kiri dan ke kanan. Merah, kuning, hijau, biru, dan ungu berpadu dengan musik menjadi harmoni yang meneduhkan penonton. 

Air mancur berwarna-warni tersebut adalah bentuk atraksi wisata yang ditampilkan untuk wisatawan yang datang ke Taman Sri Baduga. Wisatawan bisa menyaksikan gemulai air mancur itu secara gratis.

Purwakarta memang cocok menjadi destinasi akhir pekan bagi warga Jakarta. Salah satunya adalah melihat pertunjukan air mancur di Taman Sri Baduga yang diklaim terbesar di Asia Tenggara.

(Baca: Taman Sri Baduga Jadi Andalan Pariwisata Purwakarta)

"Wisatawan bisa datang di Sabtu malam. Pertunjukan ini bisa membuat wisatawan berdecak kagum," kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi kepada KompasTravel usai menerima kunjungan Walikota Sawahlunto di Taman Sri Baduga, Rabu (3/2/2016).

Berada di atas lahan 4 hektar, Dedi mengklaim air mancur ini adalah yang terbesar di Asia Tenggara. Kemudian, hal yang membanggakan adalah dari segi penciptaan air mancur ini.

"Ini bukan buatan asing tapi putra kelahiran Purwakarta sendiri yang buat," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X