Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kali Biru Tempat Nongkrong Anak Muda di Buton

Kompas.com - 04/03/2016, 19:47 WIB
Defriatno Neke

Penulis

MUSIK dangdut terdengar nyaring dari salah satu warung yang berjejer di pinggir kali. Terlihat tiga wanita tampak asyik bercengkrama di bawah pohon besar sambil memakan makanan ringan yang berada di atas meja.

Tak jauh dari ketiga wanita tersebut, terlihat pasangan suami istri sambil menggendong anaknya yang masih kecil duduk di kursi yang menghadap ke arah kali. Ya kali yang berada di Desa Banabungi, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, ini menjadi tempat favorit yang sering dikunjungi warga sekitar.

Agus (30), warga Kecamatan Pasarwajo, mengaku, kerap mendatangi kali ini hanya untuk jalan-jalan di sore hari bersama anak dan istrinya.

(BACA: Indahnya Aliran Sungai Ini seperti Melewati Anak Tangga)

Menurutnya, kali yang biasa disebut Kali Biru ini sangat cocok untuk refreshing bersama keluarga. “Tempatnya asyik, teduh dan tidak panas. Tempat ini cocok untuk santai, apalagi di sini banyak yang menjual gorengan,” kata Agus, Jumat (4/3/2016).

Kali Biru ini, sebelumnya disebut Kali Banabungi. Salah satu bank pemerintah kembali merenovasi, dan mengecat dinding kali tersebut dengan warna biru, maka masyarakat pun menyebutnya Kali Biru.

(BACA: Menggunakan Kapal Pesiar, Wisman Kunjungi Kota Baubau)

Di sekitar kali biru, terdapat beberapa warung yang menjual gorengan dan makanan ringan harga yang masih murah. Menurut seorang warga Pasarwajo, Rahmelan (27), Kali Biru biasa dijadikan tempat kongkow bagi anak muda di sore hari.

Selain itu, tempat ini biasa juga menjadi tempat reuni bagi kalangan pemuda di Kecamatan Pasarwajo. “Anak muda di sini sering kongkow di Kali Biru. Apalagi kalau sudah selesai Lebaran, tempat ini banyak yang kumpul untuk buat acara reunian, kumpul-kumpul sambil bakar ikan,” ucap Ramelan.

Selain itu, menurut Ramelan, Kali Biru juga biasa dijadikan tempat untuk diskusi masalah politik dan berbagai permasalahan di Kabupaten Buton.

Kini Kali Biru telah menjadi ikon bagi Pemerintah Kabupaten Buton. Apalagi Kali Biru tidak saja dikunjungi masyarakat Kecamatan Pasarwajo saja, kali ini juga sering didatangi warga dari luar Kabupaten Buton.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com