Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukiran Asmat Sudah Mendunia, Pantas Disukai Wisatawan

Kompas.com - 05/03/2016, 04:26 WIB
JAYAPURA, KOMPAS.com - Ukiran Asmat, Merauke, Papua menjadi salah satu daya tarik para wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara yang berkunjung pada Pesta Budaya Asmat.

"Jadi ukiran Asmat tersebut sudah mendunia. Ukiran tersebut menjadi hal nomor satu, dan menjadi daya tarik cukup tinggi," kata kata Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua, David Pagawak di Jayapura, Kamis (3/3/2016).

David mengatakan, sebelum pesta budaya lain bermunculan di Papua, Pesta Budaya Asmat sudah ada, dan terus dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten setempat.

(BACA: Kadispar: Pariwisata Papua Terhambat Isu Keamanan)

Pada pesta itu yang ditonjolkan ialah ukir-ukiran, di mana ada satu hari yang disediakan untuk lomba ukir-ukiran dan siapa yang berhasil ukir lebih cepat dialah yang juara.

Menurut David, pada pesta budaya tersebut, pameran ukiran menjadi daya tarik utama, karena ukiran yang dibuat perajin dilelang.

"Ukir-ukiran dijual pada saat itu, dan kebanyakan dilelang pada saat pemerintah provinsi ke sana," ujarnya.

KOMPAS/IWAN SETIYAWAN Pemahat dari Suku Asmat, Papua, mendemonstrasikan ketrampilan mereka di stan Museum Asmat Taman Mini Indonesia Indah pada pameran The Museum Week 2013 di mal Senayan City, Jakarta, Rabu (28/8/2013).
David menambahkan, ketika wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara membeli ukiran tersebut, berarti mereka ikut serta membangun ekonomi Papua.

Tentu, lanjut David, dengan dilaksanakannya Pesta Budaya Asmat tersebut tidak terlepas dari adanya kerja sama dengan lembaga lain.

"Dalam menyambut kegiatan tersebut, biasanya Gereja Katolik yang mengkoordinir kegiatan itu, lalu pemerintah siapkan dana untuk mendukung pesta itu, sedangkan Pemprov menyiapkan barang-barang festival," tambah David.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com