Cocok untuk Pemula, Ini Panduan Lengkap Mendaki Gunung Papandayan

Kompas.com - 06/03/2016, 19:04 WIB
Tebing menjulang tinggi di sisi kanan ketika mulai memasuki daerah kawah Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat, Minggu (21/2/2016). KOMPAS.com / Wahyu Adityo ProdjoTebing menjulang tinggi di sisi kanan ketika mulai memasuki daerah kawah Gunung Papandayan, Garut, Jawa Barat, Minggu (21/2/2016).
EditorNi Luh Made Pertiwi F
KOMPAS.com - Selalu ada yang pertama untuk semua hal, begitu pula pendakian. Jika Anda tinggal di Jakarta dan sekitarnya dan berencana mendaki gunung untuk pertama kali, Gunung Papandayan di Garut, Jawa Barat.

Gunung ini memiliki ketinggian 2.665 meter di atas permukaan (mdpl) bisa ditempatkan dalam daftar gunung sebagai gunung pertama yang akan didaki.

Pendaki dari Jawa Barat dan Jakarta bisa mengunjunginya pada akhir pekan mengingat jalur pendakian yang tak terlalu panjang dan tak memakan waktu yang lama. Berikut panduan lengkap wisata Gunung Papandayan.

Mengapa Papandayan cocok untuk pemula?

Selain medannya yang cenderung landai, pendaki juga mudah mendapatkan air. Air yang tersedia berasal dari mata air Gunung Papandayan. Pendaki bisa mengisi air dari titik-titik persediaan air bersih yang terus mengalir.

Selain itu ada tiga alasan lainnya mengapa gunung ini cocok untuk pendaki pemula. Selengkapnya di "Ini 5 Alasan Gunung Papandayan Cocok untuk Pendaki Pemula".

Makanan dan barang keperluan lainnya.

Makanan adalah hal yang perlu disiapkan ketika mendaki gunung. Jika ingin mendaki Gunung Papandayan, pendaki bisa membeli bahan makanan di Pasar Cisurupan maupun toko serba ada di dekat pasar.

Usahakan untuk tetap membeli lauk pauk bergizi untuk modal energi pendakian walaupun di pos-pos pendakian terdapat warung yang menawarkan makanan. Di warung-warung tersebut, hanya menyediakan makanan-makanan ringan seperti mie instan, kopi, teh, dan juga gorengan. Selengkapnya di "Mau Mendaki Gunung Papandayan? Baca Tips Ini Dulu...".

Menuju Gunung Papandayan

Gunung Papandayan sendiri terletak Kabupaten Garut, Jawa Barat. Perjalanan menuju Gunung Papandayan dari Kota Jakarta menempuh waktu sekitar 4-6 jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X