Kompas.com - 06/03/2016, 21:00 WIB
Untuk menyasikan gerhana matahari, dianjurkan untuk mengenakan kacamata pelindung khusus. KOMPAS/PRIYOMBODOUntuk menyasikan gerhana matahari, dianjurkan untuk mengenakan kacamata pelindung khusus.
EditorNi Luh Made Pertiwi F

MAMUJU, KOMPAS.com - Inspirasi 2085 bekerjasama dengan Nal Organizer siap menggelar Festival Matahari "Sikammun" di anjungan Pantai Manakarra Mamuju, Sulawesi Barat, 7-9 Maret 2016 dalam sebuah event budaya dengan melibatkan pelaku seni.

Pendiri inspirasi 2085 Irvan Basri, di Mamuju, Kamis (3/3/2016), mengemukakan, kegiatan tersebut akan mengkolaborasi semua kekayaan budaya di wilayah Sulbar tanpa menghilangkan ciri khasnya bertepatan dengan momentum gerhana matahari total pada 9 Maret 2016.

"Kegiatan tersebut diharapkan akan meningkatkan jati diri dan kebanggaan generasi muda di Sulbar terhadap adat istiadat dan kebudayaan yang dimiliki, mengingat seni merupakan induk budaya sebagai roh yang harus dijaga dalam kehidupan yang memiliki budaya dan bukan cangkokan.

Menurut dia, perkembangan kehidupan manusia telah dituntut harus sesuai dengan kehendak zaman, sehingga generasi muda banyak meninggalkan adat istiadat dan kebudayaan yang menjadi roh kehidupan bangsa Indonesia dan kebudayaan bangsa ini telah bergeser menjadi budaya bangsa Barat.

Ia mencontohkan, mulai dari makanan pakaian dan lainnya telah bergeser dengan budaya Barat maupun nilai-nilai masyarakat telah tergerus arus globalisasi yang semakin memusnahkan eksistensi budaya lokal dan nasional seiring dengan arus teknologi dan informasi yang makin pesat.

Kegiatan itu nantinya juga diharapkan dapat tumbuh nilai persaudaraan dan persatuan yang berasal dari Kerajaan Sampaga pernah besar di Kabupaten Mamuju untuk dibangkitkan sebagai nilai-nilai dalam pembangunan bangsa.

"Nilai persaudaraan dan persatuan yang pernah dijaga oleh Kerajaan Sampaga sehingga menjadi kerajaan besar pada masanya di Kabupaten Mamuju, perlu dibangkitkan untuk terus menjadi spirit membangun bangsa, dengan persatuan dan persaudaraan harus dijaga setiap elemen bangsa ini sebagai nilai luhur modal membangun bangsa.

Ia mengatakan, Kerajaan Sampaga sebagai kerajaan tertua di Sulbar memiliki nilai peradaban yang harus dilestarikan dan dijaga, di antaranya menjaga persatuan dan persaudaraan, jangan sampai terkikis pesatnya globalisasi.

Dia berharap acara tersebut dapat berjalan sukses dan didukung semua pihak serta mampu menarik simpati masyarakat agar lebih mencintai budaya dan mengaplikasikan nilai-nilai luhur bangsanya ke depan. (Antara/M Faisal Hanapi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ANTARA
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.