Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Bali Saat Nyepi, Kunjungi Tempat-tempat Ini...

Kompas.com - 07/03/2016, 19:06 WIB
KOMPAS.com - Tahun ini Nyepi dirayakan umat Hindu Bali pada tanggal 9 Maret 2016. Ada yang istimewa tahun ini karena Nyepi bertepatan saat gerhana matahari total terjadi. Di Bali, gerhana matahari bisa dilihat walau hanya sebagian.

Saat Nyepi, segala aktivitas dihentikan selama seharian penuh. Jalanan kosong dan sepi. Malam akan gelap gulita karena tidak boleh ada penerangan. Beberapa tahun belakangan, banyak wisatawan yang malah memilih ke Bali untuk merasakan sendiri Nyepi.

Namun, Nyepi sendiri merupakan serangkaian perayaan. Jadi jika Anda ingin Nyepi di Bali, pastikan datang beberapa hari sebelumnya. Bila terlewat tahun ini, agendakan kunjungan ke Bali saat Nyepi tahun depan yang diperkirakan akan jatuh pada 28 Maret 2017. Berikut rangkaiannya.

Melasti

Sebuah upacara penyucian sarana sembahyang yang dilakukan dua atau tiga hari sebelum Nyepi. Umumnya dilakukan di tepi pantai. Perlengkapan persembahyangan akan diarak dari Pura ke pantai.

Jika Anda ingin melihat upacara tersebut, Anda bisa mendatangi beberapa pantai yang umum dipakai untuk upacara adat di Bali. Misalnya Pantai Sanur di pagi hari. Ada pula yang melakukan prosesi di sore hari menjelang matahari terbenam seperti di Pantai Kuta. Pantai lainnya adalah Pantai Candidasa dan Pantai Klotok di Bali bagian timur.

Tawur kesanga

Prosesi tawur kesanga diikuti dengan ngerupuk. Upacara pengerupukan merupakan prosesi untuk mengusir Buta Kala atau roh jahat agar tidak mengganggu umat yang akan melakukan Nyepi. Acara ngerupuk akan meriah dengan pawai ogoh-ogoh.

Tahun ini ogoh-ogoh di beberapa daerah di Bali telah dilakukan pada akhir pekan lalu. Namun biasanya pawai ogoh-ogoh berlangsung sehari sebelum Nyepi. Umumnya diarak jelang magrib.

Ogoh-ogoh adalah patung yang dibuat dalam sosok menyeramkan karena menggambarkan Buta Kala. Pawai ini sangat menarik untuk ditonton. Setiap banjar akan menampilkan ogoh-ogoh kreasi warganya.

Pawai ogoh-ogoh bisa Anda lihat di Kuta atau di alun-alun kota Denpasar. Namun, Anda bisa menemukan hampir di setiap daerah di Bali.

Nyepi

Saat puncak perayaan yaitu Nyepi, jalanan di Bali begitu sepi seperti kota mati. Sementara malam gelap gulita karena tidak boleh ada penerangan.

Umat Hindu akan melakukan Catur Brata Penyepian, yaitu tidak menggunakan api, tidak bekerja, tidak bepergian, dan tidak menikmati hiburan. Jika Anda tidak memiliki kenalan orang Bali memang agak susah untuk bisa benar-benar merasakan momen ini.

Namun, jika Anda bukan tipikal yang bisa berdiam diri tanpa melakukan apa pun, Anda bisa mengambil paket Nyepi yang biasanya ditawarkan hotel. Bila Anda biasa melakukan meditasi atau yoga, momen ini pun tepat Anda manfaatkan untuk perenungan. Pilih penginapan di daerah-daerah yang memang tidak terlalu ramai wisatawan.

Ngembak geni

Sehari setelah Nyepi adalah perayaan Ngembak Geni. Biasanya warga Bali akan mengunjungi sanak keluarga. Salah satu tradisi yang unik adalah Med-Medan, prosesi berpelukan dan ciuman massal. Tradisi unik ini hanya bisa Anda temukan di Sesetan, Denpasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com