Kompas.com - 08/03/2016, 00:00 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

TERNATE, KOMPAS.com - Hingga Senin (7/3/2016) sore tadi, tercatat sudah 924 wisatawan mancanegara yang tiba di Ternate, Maluku Utara, dalam rangka menyaksikan Gerhana Matahari Total (GMT) pada 9 Maret 2016.

Data yang dihimpun Kompas.com di media center, dari 924 wisatawan mancanegara tersebut masih didominasi turis dari negara-negara Eropa, di antaranya Spanyol dan Inggris.

“Data yang kami himpun hingga pukul 18.00 WIT hari ini, sudah sekitar 924 turis mancanegara yang ada,” kata Kabag Humas dan Protokoler Pemda Kota Ternate, Sutopo Abdullah.

Sutupo juga memastikan kedatangan puluhan kapal layar atau ke Ternate, hanya saja hingga kini belum mendapatkan konfirmasi kapan mereka akan tiba di Ternate.

KOMPAS.com/YAMIN ABD HASAN Dua turis mancanegara yang menyaksikan opening ceremonial Ternate solar eclipse, Minggu (6/3/2016) malam
“Kapalnya sudah berlayar dari Jakarta, Bali, Lombok, dan Raja Ampat menuju Ternate,” kata Sutopo lagi.

Sementara itu, ketua panitia kegiatan GMT Tauhid Soleman menambahkan ada penerbangan tambahan pesawat yang membawa turis mancanegara dari Bali langsung Ternate. Sebanyak 124 wisatawan asal Inggris tersebut tiba pagi tadi di Bandara Babullah Ternate.

“Ada sekitar 2.139 turis yang akan datang menyaksikan gerhana matahari total dan sebagian dari mereka sudah ada di Kabupaten Halmahera Timur,” kata Tauhid.

“Tujuan kegiatan ini ada dua hal, pertama membangkitkan atau mempromosikan wisata di Ternate dan Maluku Utara pada umumnya serta kedua memperkenalkan produk hasil kerajinan kecil dan menengah di Maluku Utara pada umumnya,” tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.