Kompas.com - 09/03/2016, 00:23 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
TERNATE, KOMPAS.com - Kunjungan wisatawan ke Ternate, Maluku Utara untuk melihat fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) Rabu 9 Maret 2016, juga dimanfaatkan wisatawan domestik maupun mancanegara untuk melihat koleksi benda-benda bersejarah Kesultanan Ternate.

Pantauan Kompas.com pada Selasa (7/3/2016) sore tadi ratusan wisatawan mengunjungi Kedaton Kesultanan Ternate secara bergantian.

“Hingga sore ini sudah sekitar 300 wisatawan asing yang ke kedaton,” kata penjaga kesultanan.

Mereka kebanyakan berasal dari Spanyol, Inggris, Belanda, Amerika serta Jepang. Di kedaton, wisatawan disambut dengan tradisi adat seperti tamu kedaton lainnya.

Saat menaiki tangga, wisatawan diwajibkan membuka pengalas kaki, sepatu dan sandal. Usai mendapatkan penjelasan soal tata krama memasuki kesultanan, para tamu kemudian diizinkan memasuki kesultanan.

Di dalam kesultanan, wisatawan melihat berbagai koleksi mulai dari kursi sultan, koleksi foto serta alat perang seperti pedang, dan baju. Usai melihat koleksi kesultanan, wisatawan kemudian diarahkan di pendopo dimana sultan Ternate biasa menerima tamu. Di sini para tamu, disuguhkan dengan tarian serta musik tradisional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.