Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerhana Tak Signifikan Pengaruhi Kunjungan Wisatawan Pulau Lengkuas

Kompas.com - 09/03/2016, 12:28 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

SIJUK, KOMPAS.com - Gerhana matahari total di Belitung dinilai tak mempengaruhi kunjungan wisatawan ke Pulau Lengkuas, Sinjuk, Belitung.

Kunjungan wisatawan di pulau itu masih dianggap stabil. (Baca: Cerita Nelayan Danau Limboto yang Tak Terpengaruh Gerhana Matahari).

Petugas Menara Suar Pulau Lengkuas, Saleh, mengatakan bahwa wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lengkuas saat gerhana terjadi kurang lebih 600 orang.

Jumlah tersebut sama dengan kunjungan wisatawan saat libur akhir pekan.

"Jumlah hari biasa paling 200 orang. Hari libur maupun gerhana matahari berkisar 600-an," kata Saleh saat ditemui KompasTravel di Pulau Lengkuas, Belitung, Bangka Belitung, Rabu (9/3/2016) siang.

Menurut dia, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pulau Lengkuas saat gerhana ini masih kalah dengan ketika libur Lebaran.

"Hari sekarang momen GMT jadi biasa saja kunjungannya," ungkap Saleh.

Pemandu wisata program Dwidayatour Media Trip-Gerhana Matahari Total Belitung, Escape Jolly Barito menyampaikan hal senada dengan Saleh. (Baca: Warga Lombok Lihat Gerhana Gunakan Disket Bekas).

Ia menuturkan, momen GMT saat ini hanya terlihat seperti hari libur biasa. "Kalau Libur Lebaran, kapal-kapal wisatawan sulit untuk merapat ke Pulau Lengkuas," kata dia.

Pulau Lengkuas terletak tak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang. Wisatawan akan menempuh perjalanan dengan perahu nelayan selama 30 menit menuju ke sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com