Kompas.com - 10/03/2016, 19:42 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
BANYUWANGI, KOMPAS.com - Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur berencana akan mengembangkan destinasi wisata baru yaitu Pantai Cemara di Kelurahan Pakis, Kecamatan Banyuwangi. Jaraknya hanya 3 kilometer dari pusat kota.

Pantai Cemara adalah pantai dengan hutan cemara laut yang lebat dan menjadi tempat konservasi penyu. Sesuai namanya, pantai ini ditumbuhi ribuan pohon cemara udang di sepanjang bibir pantainya.

(BACA: Bandeng Kedai Panorama, Sambalnya Luar Biasa...)

Pantai ini dikelola oleh Kelompok Usaha Bersama (KUB) Pantairejo yang didampingi oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Banyuwangi.

"Pemkab Banyuwangi tahun ini juga mulai mencicil pembangunan infrastruktur penunjangnya, seperti akses jalan masuk, penataan lansekapnya, promosi, dan sebagainya. Saya sudah cek kemarin apa saja keperluannya. Secara bertahap kami kerjakan sampai tahun depan,” kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada KompasTravel, Kamis (10/3/2016).

(BACA: Menpar Puji Pariwisata Banyuwangi)

Melihat perkembangan vegetasi di Pantai Cemara tersebut, Bupati Anas mengatakan akan mengembangkan pantai tersebut menjadi salah satu hutan kota Banyuwangi.

”Memungkinkan sekali akan kita bentuk daerah pantai ini sebagai hutan kota. Ini akan menjadi wisata bahari yang hijau," ujar Anas.

Sementara itu Ketua KUB Pantairejo M. Muhyi kepada KompasTravel mengatakan, terdapat 16.000 pohon cemara udang yang tumbuh di lahan seluas 9 hektare sepanjang 2,5 kilometer. "Awalnya kami menanam 18 ribu tapi yang hidup 16 ribu," katanya.

(BACA: Jangan Lewatkan Tiga Festival Unggulan Banyuwangi)

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.