Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkah GMT, Pengunjung Museum Tanjung Pandan Meningkat

Kompas.com - 10/03/2016, 20:19 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

TANJUNG PANDAN, KOMPAS.com - Momen gerhana matahari total (GMT) di Belitung, Bangka Belitung, Rabu (9/3/2016), membuat kunjungan wisatawan ke Museum Tanjung Pandan meningkat.

"Momen GMT di Belitung kemarin ini, kunjungan wisatawan ke Museum Tanjung Pandan meningkat enam kali lipat. Biasanya sehari cuma 50-60," kata Kepala Unit Pengelola Teknis Unit Pengelola Teknis Dinas (UPTD) Taman Satwa dan Museum Kabupaten Belitung, Alex Suryadi kepada KompasTravel di Belitung di sela-sela acara Dwidayatour Media Trip - Gerhana Matahari Total Belitung, Kamis (10/3/2016).

(BACA: Melancong ke Rumah Ahok di Belitung Timur)

Berdasarkan data statistik kunjungan wisatawan, Alex mengatakan, Museum Tanjungpandan pada Senin (7/3/2016) dan Selasa (8/3/2016) telah dikunjungi hingga 150 wisatawan. Puncak kunjungan wisatawan tertinggi adalah setelah gerhana matahari total terjadi.

"Hari Rabu kemarin kita kedatangan hampir 390 orang. Kunjungan wisatawan lebih banyak wisatawan domestik dan mancanegara. Persentase wisatawan lokalnya hanya sedikit," ungkapnya.

(BACA: Turis Asing Heran, Belitung Indah tetapi Sepi Wisatawan)

Museum Tanjung Pandan dan Taman Satwa terletak di Jalan Melati no 41, Kelurahan Air Saga, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Museum Tanjung Pandan memiliki koleksi artefak mulai dari mangkok, guci, batuan-baruan, keris kerajaan, dan aneka koleksi lain.

Untuk dapat masuk ke dalam museum,  pengunjung akan dikenakan tiket masuk seharga Rp 2.000. Museum Tanjung Pandan buka mulai pukul 08.00 - 17.00 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com