Kompas.com - 13/03/2016, 15:03 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

ENTIKONG, KOMPAS.com - Antusias masyarakat perbatasan menyaksikan perhelatan konser musik yang digelar Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terlihat dari jumlah pengunjung yang memadati lapangan, tepat di depan panggung utama, Sabtu (12/3/2016).

Konser musik bertajuk "Entikong Music Concert" tersebut merupakan upaya promosi pariwisata dalam rangkaian Wonderful Indonesia Festival (WIF) yang dihelat Kemenpar di Lapangan Patoka, Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Rangkaian festival dibuka dengan tarian penyambutan dan ditandai dengan ritual adat Dayak 'Pancung Buluh Muda' di gerbang masuk lokasi pertunjukan. Kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Tarian Melayu menjadi atraksi pembuka pertunjukan yang mendatangkan artis utama Siti Liza dan Firman Siagian. Tampak hadir dalam konser tersebut undangan dari sejumlah instansi pemerintahan Kabupaten Sanggau, Konsulat Jenderal RI Kuching-Malaysia, dan sejumlah tamu dari negara tetangga.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Luar Negeri Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana menyampaikan,konser yang digelar tersebut merupakan salah satu strategi dalam menarik kunjungan wisatawan dari negara tetangga (Malaysia) ke Indonesia, terutama di wilayah perbatasan (cross border).

Wilayah Indonesia dan Malaysia yang memiliki perbatasan darat, menjadi sebuah potensi untuk mendatangkan wisatawan dari negara tetangga berkunjung ke perbatasan.

“Kegiatan ini diharapkan mendatangkan banyak orang ke Entikong. Mereka akan membelanjakan uangnya sehingga menggerakan ekonomi masyarakat setempat. Bukan hanya untuk menambahkan jumlahnya, tapi untuk memajukan masyarakat lokal. Perekonomian lokal akan hidup" kata Pitana.

Apa yang disampaikan Pitana tersebut terlihat dari masyarakat yang berjualan di sekitar lokasi pertunjukan. Mulai dari aneka makanan dan minuman, hingga pernak pernik khas daerah. Meski cuaca panas terik, tak menyurutkan antusias ribuan masyarakat yang datang.

Penyelenggaraan WIF di Entikong diharapkan bisa menarik lebih banyak kunjungan wisatawan dari Malaysia dan Brunei Darussalam, sebagai negara terdekat yang memiliki akses jalan darat melalui pintu masuk perbatasan Entikong.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.