Kompas.com - 13/03/2016, 16:03 WIB
Nasi goreng salak, salah satu menu spesial di warung Kebon Salak di   Jl Srikandi, Grogol, Salatiga. Kompas.com/ Syahrul MunirNasi goreng salak, salah satu menu spesial di warung Kebon Salak di Jl Srikandi, Grogol, Salatiga.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

SALATIGA, KOMPAS.com - Biji buah salak dalam bahasa Jawa disebut Kentos. Warnanya coklat kehitaman dan sangat keras.

Biasanya biji salak dibuang begitu saja lantaran tidak bisa dikonsumsi. Tetapi di tangan Laili Musyarofah, warga Kota Salatiga, Jawa Tengah, biji salak bisa diolah menjadi minuman serbuk yang nikmat dan ia sebut sebagai "Kopi Biji Salak".

Kopi Biji Salak ini tidak mengandung kafein, sehingga aman bagi lambung, bagi penderita hipertensi, dan asam urat.

"Kopi biji salak ini kami jual Rp 5.000 per gelas. Ada juga dalam bentuk kemasan atau bubuk yakni Rp 10.000 isi 30 gram, setara 6 porsi tuang," ungkap Laili, Sabtu 12/3/2016).

Secangkir Kopi Biji Salak yang hangat ini dapat Anda nikmati di Warung Kebon Salak (WKS) di Jl Srikandi, Kelurahan Grogol, Kota Salatiga. Sesuai namanya, Warung Kebon Salak ini memang benar-benar berada di tengah ratusan pohon salak yang tumbuh subur di kebun miliknya.

Jadi bisa dibayangkan bagaimana sensasinya. Seorang pengunjung, Wulansari (20) warga Dukuh Kecamatan Sidomukti Kota Salatiga misalnya, dia yang datang bersama adiknya mengaku kerap mengunjungi WKS di sela waktu senggangnya.

Ia mengaku bukanlah pecinta kopi, namun di WKS ini dirinya menjadi ketagihan dengan nikmatnya Kopi Biji Salak yang menjadi menu spesial WKS.

"Saya jadi ketagihan karena rasanya lebih mantap dibandingkan kopi biasa. Harganya juga terjangkau,” kata Wulansari.

Selain kopi salak, WKS milik Laili ini juga menyajikan menu lainnya yang berbahan salak, yakni nasi goreng salak. Nasi goreng salak ini tidak jauh berbeda dengan nasi goreng pada umunya, namun yang sedikit berbeda adalah ada campuran potongan-potongan buah salak di dalamnya.

"Salaknya langsung kita ambil dari pohon, jadi masih fresh. Satu porsi nasi goreng salak ini Rp 7.000," ungkap Laili.

Dari Internet

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X