Kompas.com - 15/03/2016, 16:40 WIB
Danau Kaolin, hasil pengerukan tambang timah puluhan tahun lalu di Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. KOMPAS.COM/MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIADanau Kaolin, hasil pengerukan tambang timah puluhan tahun lalu di Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
|
EditorI Made Asdhiana
SESAAT sebelum Anda akan mendarat di Bandara H.A.S Hanandjoeddin, Belitung, akan terlihat lubang-lubang bekas tambang. Teringat ekspoitasi tambang timah dan kaolin besar-besaran yang telah terjadi puluhan tahun di pulau ini, sekarang tidak sedikit menyisakan lubang yang dalam.

Tak jauh dari bandara, Anda akan menemukan salah satu lubang terbesar menjadi sebuah danau yang kini sangat memesona.

Untuk mengobati rasa penasaran, KompasTravel bersama rekan-rekan wartawan dalam Corporate Media Gathering BW Suite berkunjung ke Danau Kaolin Belitung, Sabtu (12/3/2016).

(BACA: Manis Gurihnya Mi Berkuah Kaldu Udang Khas Belitung)

Berlokasi di Desa Air Raya, Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Sekitar kurang dari 10 menit dari bandara, memasuki jalanan tak beraspal sepanjang sekitar 200 meter, sebelah kanan akan terlihat hamparan laut biru dan pasir putih yang memesona.

Pada pagi hari saat matahari naik, hingga menjelang siang adalah waktu terbaik melihat keindahan danau tersebut.

(BACA: Melancong ke Rumah Ahok di Belitung Timur)

Pasir khas Belitung yang mengandung kaolin nampak sangat putih dan halus. Pantulan sinar matahari pagi membuat air di danau tersebut berwarna biru tosca, sangat indah.

Tidak semua sisi danau ditumbuhi pepohonan, di sisi lainnya dipagari oleh pihak pengelola untuk pengamanan. Pasalnya, pasir kaolin di sana bertekstur lembut seperti pasir pantai, sehingga rawan terpeleset jika pengunjung tidak hati-hati.

Danau tersebut jauh dari pemukiman, sehingga jarang ada warga yang memanfaatkan air bersihnya. Air tersebut berasal dari hujan yang turun, bercampur dengan pasir disana sehingga menjadi biru tosca.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.