Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkat Potensi Bahari, Banyuwangi Gelar Underwater Festival dan Fish Market Festival

Kompas.com - 15/03/2016, 21:28 WIB
Kontributor Banyuwangi, Ira Rachmawati

Penulis

BANYUWANGI, KOMPAS.com - Ada yang baru pada Banyuwangi Festival 2016 yaitu Underwater Festival dan Fish Market Festival. Kedua agenda tersebut untuk mengangkat potensi bahari yang dimiliki kabupaten yang berjuluk "The Sunrise of Java" tersebut.

"Banyuwangi mempunyai potensi bahari yang luar biasa jadi kami masukkan dua event tersebut pada tahun ini," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas kepada KompasTravel di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (15/3/2016).

Pada Underwater Festival, masyarakat akan diajak untuk menikmati potensi alam bawah laut di Banyuwangi di beberapa titik yang menajdi destinasi baru untuk snorkeling ataupun diving seperti di Pulau Tabuhan, Pantai Bangsring atau Teluk Banyu Biru.

Nantinya juga akan adakan lomba foto bawah laut untuk memotret keindahan laut Banyuwangi.

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Pelajar menanam terumbu karang di Pantai Bangsring, Banyuwangi, Jawa Timur.
Selain itu pada dua agenda anyar tersebut, Bupati Anas berharap masyarakat Banyuwangi khususnya mendapatkan edukasi terkait konservasi wilayah pantai seperti penanaman terumbu karang.

Anas mencontohkan nelayan di Pantai Bangsring yang melakukan terobosan dengan melakukan konservasi, menanam terumbu karang sehingga Pantai Bangsring menjadi sebuah destinasi wisata baru.

"Sekarang Bangsring Underwater menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup dikenal oleh masyarakat sampai luar kota. Bisa ribuan orang yang datang kalau liburan. Masyarakat di sana patut diapresiasi dan didukung," ujar Anas.

Sementara itu Banyuwangi Fish Market Festival yang akan diselenggarakan pada 15 Oktober 2016 digelar di Pantai Muncar. Muncar dipilih karena terkenal sebagai salah satu pelabuhan ikan terbesar di Indonesia.

KOMPAS/HERU SRI KUMORO Ilustrasi
Banyuwangi Fish Market Festival akan diselenggarakan satu hari sebelum pelaksanaan tradisi Petik Laut Muncar.

Nantinya masyarakat termasuk wisatawan akan diajak mengenal jenis ikan yang ada termasuk berbagai olahan produk perikanan Banyuwangi yang diekspor.

"Dengan adanya Banyuwangi Fish Market Festival diharapkan bisa mengeksplorasi potensi perikanan di Banyuwangi," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com