Kompas.com - 15/03/2016, 23:54 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
TANJUNG PANDAN, KOMPAS.com - Namanya saja sudah Kepulauan Bangka Belitung, sudah tentu memiliki banyak pulau yang bisa dikunjungi. Salah satu yang bisa dikunjungi saat berada di Belitung adalah Pulau Lengkuas.

Berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, pulau ini terbilang kecil dengan luas kurang dari 1 hektar.

(BACA: Tiada Hari Tanpa Kopi di Belitung...)

Di sana, berdiri mercusuar peninggalan Belanda yang dibangun tahun 1882. Hingga kini, mercusuar tersebut masih berfungsi sebagai penuntun lalu lintas kapal laut yang lewat maupun keluar masuk Pulau Belitung.

Pertama, wisatawan bisa menaiki mercusuar tersebut yang berketinggian lebih kurang 50 meter. Sebelum mencapai puncak, Anda akan dipaksa untuk melewati ratusan anak tangga.

(BACA: Tambang Kaolin Menyisakan Danau Penuh Pesona di Belitung)

Dari puncak mercusuar, wisatawan bisa melihat warna biru laut yang dengan pemandangan pulau-pulau kecil dan batuan-batuan granit yang menghampar dari segala sisi (360 derajat).

Kedua, bosan bermain di mercusuar, cobalah untuk berenang di laut yang berwarna biru jernih. Anda bisa bersantai di pinggir laut maupun di tengah batuan granit.

Perairan di sekitar Pulau Lengkuas cenderung tenang karena terletak di antara pulau-pulau. Selain itu, di dekat batuan granit, wisatawan bisa bersantai di sebuah kolam yang terbentuk karena air laut yang masuk lewat sela-sela batu.

KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO Pemandangan pantai dari atas mercusuar di Pulau Lengkuas, Belitung, Jumat (15/4/2011). Belitung terkenal dengan lokasi wisata yang memiliki keindahan pantai pasir putih berbatu granit artistik menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.
Ketiga, main-main di pantai belum lengkap tanpa berfoto. Laut di Belitung dikenal punya batuan-batuan granit dengan aneka ukuran. Tentunya, batuan-batuan itu bisa jadi tempat yang menarik untuk berfoto.

(BACA: Manis Gurihnya Mi Berkuah Kaldu Udang Khas Belitung)
 
Jika ingin berfoto di batuan-batuan granit di Pulau Lengkuas, perhatikan setiap langkah kaki. Pulau Lengkuas adalah satu pulau yang kerap dipadati wisatawan dan banyak yang juga ingin berfoto di batuan-batuan granit.

Keempat, setelah lelah bermain-main air dan berfoto, saatnya menikmati buah kelapa yang tersedia di warung-warung Pulau Lengkuas. Wisatawan bisa menyeruput air kelapa muda dan tentunya menyantap daging buah kelapa. Harga sebutir kelapa muda ditawarkan dengan harga Rp 20.000.

Nah, yang perlu diingat ketika berwisata ke Pulau Lengkuas dan mengunjungi obyek-obyek wisata lainnya, buanglah sampah pada tempatnya. Hal lain yang bisa dilakukan adalah membawa kantong sampah untuk memasukkan sampah pribadi yang dibawa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.