Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sensasi Terdampar di Tengah Laut Belitung

Kompas.com - 16/03/2016, 19:07 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

TANJUNG PANDAN, KOMPAS.com — Ada satu tempat yang tak boleh terlewatkan jika sedang liburan keliling pulau di Belitung. Wisatawan disarankan untuk mencoba bermain di sebuah tempat yang bernama Pulau Pasir.

Wisatawan akan merasakan seakan-akan terdampar di tengah laut Belitung. Bahkan, di sekeliling Pulau Pasir, wisatawan juga dapat melihat pulau-pulau kecil ataupun batuan-batuan granit yang menjadi ciri khas perairan Belitung.

Dari namanya saja sudah terbayang, pulau yang isinya "hanya" pasir. Tak ada pepohonan kelapa yang tumbuh, seperti di pulau-pulau lainnya yang terletak di dekat Pulau Pasir, misalnya Pulau Kepayang ataupun Pulau Lengkuas.

Sebenarnya, Pulau Pasir hanya dapat dikunjungi wisatawan saat air laut sedang surut. Saat surut, wisatawan di sana bisa duduk-duduk santai di atas pasir pantai yang putih dan berenang di sekitar pulau.

"Surutnya air laut di sini tergantung musim. Kalau surut, biasanya pagi," kata pemandu wisata program Dwidayatour Media Trip-Gerhana Matahari Total Belitung Escape, Jolly Barito, kepada KompasTravel di sela-sela perjalanan pekan lalu.

Ia mengatakan, biasanya, pagi hari pada bulan Juli atau Agustus, gundukan pasir di tengah laut ini akan bisa disinggahi. Jika sedang beruntung mengunjungi Pulau Pasir, wisatawan juga dapat menemukan bintang laut.

Pulau Pasir bisa dikunjungi dari Pantai Tanjung Kelayang dengan perahu nelayan dalam waktu tempuh 15-20 menit. Adapun dari Pulau Kepayang, waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 10 menit.

Jika ingin bermain di Pulau Pasir, pastikan barang-barang bawaan yang tak tahan air ditinggal di perahu. Selain itu, jika bermain dengan bintang laut, segera kembalikan makhluk itu ke air agar tidak mati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com