Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepanasan di SD Laskar Pelangi? Tenang, Wisatawan Bisa Pinjam Topi

Kompas.com - 17/03/2016, 09:53 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

GANTUNG, KOMPAS.com - Berkat novel dan film Laskar Pelangi besutan Andrea Hirata, pariwisata Belitung khususnya Belitung Timur kini mulai bangkit. Salah satu tempat yang kini tak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Belitung Timur adalah Replika SD Laskar Pelangi.

Jika pergi ke Replika SD Laskar Pelangi ada beberapa hal perlu diperhatikan seperti waktu berkunjung. Pada pagi hari mulai sekitar pukul 09.00 WIB, matahari telah memancar panas. Disarankan untuk membawa topi atau perlengkapan pelindung kepala.

Namun, bagaimana jika yang tidak membawa topi, payung, atau sejenisnya? Di dekat pintu masuk tempat penjualan tiket, wisatawan dapat meminjam topi dari bahan bambu.

Seorang penjaga tiket masuk SD Laskar Pelangi mengatakan, topi-topi kayu yang tersedia di dekat pintu masuk bisa digunakan secara gratis oleh wisatawan selama berkeliling di Replika SD Laskar Pelangi.

"Nanti kalau sudah selesai bisa dikembalikan. Ini memang inisiatif dari kami," kata penjaga tersebut.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Wisatawan tengah berfoto dengan latar belakang Replika SD Laskar Pelangi yang terletak di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Belitung Timur, Bangka Belitung, Selasa (8/3/2016).
Nah, saat ingin berfoto dengan latar belakang Replika SD Laskar Pelangi, sudah pasti wisatawan akan terpapar panas matahari. Di atas kepala, tak ada pepohonan yang melindungi sengatan matahari.

KompasTravel sempat memakai topi berbahan bambu tersebut. Topi itu seperti topi yang digunakan oleh petani-petani atau juga dikenal dengan istilah "caping".

Replika SD Laskar Pelangi terletak di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Ya, ini adalah 'Sekolah Laskar Pelangi' yang kini jadi tempat wisata.

Di sana, wisatawan bisa merasakan suasana kelas dengan bangku-bangku kayu serta papan tulis yang tergantung di depan kelas. Di depan sekolah, terdapat tiang bendera yang mengibarkan bendera Merah Putih di tengah pasir putih bekas tambang timah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com