Kompas.com - 18/03/2016, 09:03 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F
MATARAM, KOMPAS.com - Pemerintah daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) berencana akan mengembangkan wisata pantai khusus dengan konsep halal beach. Di pantai ini wisatawan laki-laki dan perempuan akan dipisah.

"Halal beach kita sekarang sedang desain bentuknya, mudah-mudahan tahun ini sudah kita mulai pembangunan awalnya," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal usai menghadiri Seminar Wisata Halal Dunia, di Mataram, Kamis (17/3/2016).

Faozal menjelaskan, rencananya ada dua kawasan pantai di Pulau Lombok yang akan dikembangkan menjadi konsep pantai halal, di antaranya di kawasan Meninting, Lombok Barat dan kawasan Mandalika, Lombok Tengah.

Ia mengatakan, di lokasi pantai halal ini nantinya akan ada pembatas permanen yang memisahkan antara wisatawan laki-laki dan wisatawan perempuan. Selain itu, makanan yang disediakan di lokasi tersebut adalah makanan yang halal.

"Fasilitas awal, akan ada pemisah (pembatas) yang permanen," kata Faozal.

Faozal menambahkan selain pantai halal, tahun ini pihaknya juga tengah mempersiapkan Muharam Festival yang akan diselenggarakan di Lombok Timur dan Festival Kuliner Halal di Islamic Center, Kota Mataram.

Lombok telah dikukuhkan sebagai World Best Halal Tourism Destination dan World Best Halal Honeymoon Destination dalam ajang The World Halal Travel Summit/ Exibition yang diumumkan di Uni Emirat Arab, tahun 2015.

Menurut Faozal, berbagai festival gencar dilakukan dalam upaya pemerintah membangun branding Lombok sebagai destinasi wisata halal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.