Kompas.com - 18/03/2016, 17:03 WIB
Dua orang warga  terlihat sedang menyelam (diving) di dalam Goa Lanto yang berada di Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. KOMPAS.COM/DEFRIATNO NEKEDua orang warga terlihat sedang menyelam (diving) di dalam Goa Lanto yang berada di Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.
|
EditorI Made Asdhiana
BILA Anda ingin berenang, sebaiknya mencoba berenang di dalam Goa Lanto. Selain airnya yang jernih dan tawar, air di dalam goa ini juga menyegarkan dan airnya juga mempunyai kedalaman sekitar 12 meter.

Menurut DJ Budiharto, warga Kota Baubau, Goa Lanto merupakan salah satu destinasi wisata di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Panjang goa tersebut sekitar 100 meter dan hanya bisa dilalui dengan menyelam atau diving.

(BACA: Menggunakan Kapal Pesiar, Wisman Kunjungi Kota Baubau)

“Tapi kalau mau diving harus orang yang sudah profesional. Bagi yang pemula jangan coba-coba. Ini memang salah satu tempat diving yang bagus. Di dalam air kita seperti melayang dan melihat bentuknya yang indah,” kata Budiharto, Kamis (17/3/2016).

Selama diving, dia hanya melihat seekor ikan saja yang melintas di depannya. Budiharto bersama seorang temannya juga melakukan diving di dalam goa tersebut.

(BACA: Benteng Sorawolio Terbuat dari Batu Karang dan Putih Telur)

Lokasi Goa Lanto ini berada di sekitar 8 meter dari jalan raya di Kelurahan Kadolomoko, Kecamatan Kokalukuna. Bagi warga sekitar, Goa Lanto menjadi tempat permandian umum.

KOMPAS.COM/DEFRIATNO NEKE Jernihnya air di dalam Goa Lanto. Goa ini menjadi salah satu tempat destinasi wisata di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.
“Mandi di situ sangat enak, airnya dingin, dan memang goanya agak gelap karena matahari tidak masuk sampai ke dalam. Tapi airnya sangat segar, saya dengan teman-teman biasa datang mandi ke situ,” ujar Agus (17).

Sepintas bila dilihat dari luar seperti bukan goa, namun seperti liang yang menuju ke bawah. Ketika memasuki goa, sudah terlihat tanah yang berada di dalam basah karena tetesan air yang keluar dari atas goa.

Namun masuk ke dalam goa tidak menyulitkan, karena sudah terdapat anak tangga yang telah dibuat hingga mendekati air dalam goa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.