Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Danau Toba Masih Bisa Didongkrak

Kompas.com - 18/03/2016, 19:30 WIB
JAKARTA, KOMPAS - Kementerian Pariwisata berupaya mendorong pertumbuhan pariwisata di Danau Toba, Sumatera Utara. Namun, hingga kini pertumbuhan pariwisata di Danau Toba masih terganjal ketersediaan infrastruktur pendukung.

Saat ini, PT Angkasa Pura II (Persero) telah mempersiapkan Bandar Udara Silangit untuk layanan penerbangan.

”Potensi wisatawan asing yang ingin datang ke Danau Toba sangat besar. Namun, mereka terkendala akses yang mudah untuk ke sana,” kata Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gde Pitana, di Jakarta, Kamis (17/3/2016).

Menurut Pitana, ada banyak turis Eropa, terutama dari Jerman, yang senang ke Danau Toba karena daerah itu merupakan tempat pertama kali agama Kristen disebarkan.

Sementara turis dari Singapura dan Malaysia juga berminat ke sana, tetapi mengalami kesulitan akses.

”Potensi yang bisa dikembangkan itu sangat besar. Misalnya, kita bisa menyasar turis yang sedang ke Langkawi atau Penang. Wisatawan pengguna perahu pesiar (yacht) juga banyak yang ke Langkawi," kata Pitana. (ARN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com