Kompas.com - 18/03/2016, 19:30 WIB
Pemandangan Danau Toba dari Hotel Niagara, Toba, Sumatera Utara, Sabtu (8/1/2016) YOGA SUKMANA/KOMPAS.comPemandangan Danau Toba dari Hotel Niagara, Toba, Sumatera Utara, Sabtu (8/1/2016)
EditorI Made Asdhiana
JAKARTA, KOMPAS - Kementerian Pariwisata berupaya mendorong pertumbuhan pariwisata di Danau Toba, Sumatera Utara. Namun, hingga kini pertumbuhan pariwisata di Danau Toba masih terganjal ketersediaan infrastruktur pendukung.

Saat ini, PT Angkasa Pura II (Persero) telah mempersiapkan Bandar Udara Silangit untuk layanan penerbangan.

”Potensi wisatawan asing yang ingin datang ke Danau Toba sangat besar. Namun, mereka terkendala akses yang mudah untuk ke sana,” kata Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata I Gde Pitana, di Jakarta, Kamis (17/3/2016).

Menurut Pitana, ada banyak turis Eropa, terutama dari Jerman, yang senang ke Danau Toba karena daerah itu merupakan tempat pertama kali agama Kristen disebarkan.

Sementara turis dari Singapura dan Malaysia juga berminat ke sana, tetapi mengalami kesulitan akses.

”Potensi yang bisa dikembangkan itu sangat besar. Misalnya, kita bisa menyasar turis yang sedang ke Langkawi atau Penang. Wisatawan pengguna perahu pesiar (yacht) juga banyak yang ke Langkawi," kata Pitana. (ARN)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.