Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkunjung ke Taman Gajah Satu-satunya di Bali

Kompas.com - 18/03/2016, 22:51 WIB
TARO, KOMPAS.com - Atraksi wisata berinteraksi dengan gajah di Indonesia identik dengan Taman Nasional Way Kambas di Lampung. Namun di Bali pun ada obyek wisata yang mengajak wisatawan "berkenalan" lebih dekat dengan gajah, bahkan di antaranya ada gajah-gajah yang berasal dari Way Kambas, Lampung.

Obyek wisata itu adalah Elephant Safari Park yang berada di Desa Taro, Kabupaten Gianyar. "Bisa dibilang ini satu-satunya taman gajah di Bali. Di sini gajah tidak dikandangkan, pengunjung bisa interaksi langsung dengan gajah," ungkap Marketing Manager Bali Adventure Tours Devi Nila, kepada KompasTravel, Jumat (18/3/2016).

Ia menuturkan gajah-gajah tersebut berasal dari Pulau Sumatera, beberapa di antaranya dari Way Kambas. Para pemenang kompetisi "TakeMeAnywhere" yang diadakan KompasTravel dan berhadiah liburan ke Bali selama tiga hari, berkesempatan mengunjungi Elephant Safari Park, Jumat (18/3/2016) sore.

Tiba di Elephant Safari Park, mereka mengunjungi Museum Gajah untuk melihat berbagai koleksi kerajinan bertemakan gajah. Ada pula rangkaian papan informasi yang menjelaskan sejarah tentang gajah. Juga fosil mammoth dan kerangka gajah.

Beranjak dari Museum Gajah, peserta "TakeMeAnywhere" kemudian berlanjut ke lapangan gajah. Di sana, tampak beberapa gajah tengah asyik makan di tengan lapangan luas.

Keseruan melihat gajah secara langsung semakin menjadi-jadi. Sebab di area tempat memberi makan gajah, pengunjung bisa menyentuh gajah secara langsung. Lucunya, sambil memberi makan, pengunjung bisa berfoto bersama gajah.

Beberapa peserta "TakeMeAnywhere" yang awalnya takut-takut memegang gajah pun, lama kelamaan berani menyentuh bahkan berpelukan. Setelah memberi makan dan berkunjung ke beberapa area kandang gajah, pengunjung pun bersiap melihat pentas gajah.

KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Peserta liburan gratis ke Bali "TakeMeAnywhere" yang diadakan KompasTravel, berfoto bersama di Elephant Safari Park, Gianyar.
Tepat di sore menjelang matahari terbenam, pentas gajah pun dimulai. Gajah menampilkan kebolehannya berhitung hingga main basket. Malam hari saatnya aktivitas utama yang telah dinantikan, yaitu naik gajah keliling taman tersebut.

Selama 20 menit, peserta "TakeMeAnywhere" diajak naik gajah di tengah kegelapan malam. Saat cuaca cerah, bintang di langit akan tampak. Ada nuansa kesunyian yang romantis saat naik gajah di malam hari.

"Terharu banget lihat gajah-gajahnya, lucu banget," kata Kharizta Ajeng (24), salah satu pemenang.

Paket night safari di Elephant Safari Park adalah Rp 745.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk penjemputan dari hotel, mengunjungi museum dan pusat informasi gajah, memberi makan gajah dan bayi gajah, keliling taman, pertunjukan gajah, keliling dengan gajah, makan malam, dan diantarkan kembali ke hotel.

Tiga orang pemenang kompetisi "TakeMeAnywhere" tersebut berlibur ke Bali bersama KompasTravel selama tiga hari mulai Jumat (18/3/2016) hingga Minggu (20/3/2016). Reservasi tiket penerbangan dilakukan melalui situs perjalanan Ezytravel.co.id.

Tentunya, berbagai keseruan akan dijalani oleh ketiga pemenang selama perjalanan di Bali. Keseruan-keseruan di Bali yang akan dijalani seperti wisata kuliner khas Bali, bermain bersama gajah di Elephant Safari Park di Desa Taro (Gianyar).

Berikutnya bersepeda keliling Ubud bersama Bali Adventure Tours, menantang jeram-jeram di Sungai Ayung, belanja di Pasar Ubud, bermain di Pantai Karma (Desa Ungasan, Jimbaran), dan merasakan kemewahan menginap di hotel bintang lima, Padma Resort Ubud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com