Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyiknya Berpetualang ala Laskar Pelangi

Kompas.com - 19/03/2016, 07:05 WIB
Muhammad Irzal A

Penulis

BELITUNG, KOMPAS.com - Siapa yang tak tahu Laskar Pelagi? Cerita karya Andrea Hirata tersebut telah diterjemahkan ke lebih dari lima bahasa dunia. Kisahnya terkenal di beberapa negara lewat novel dan filmnya.

Dalam cerita tersebut ada delapan sahabat yang selalu bersama dalam petualangan hidupnya, mereka mengunjungi tempat-tempat eksotis di Belitung. Bermain di pantai, bersekolah di sekolah islam tertua, lalu melihat indahnya pantai Belitung, dan banyak lagi yang menjadi latar ceritanya.

Kini tempat-tempat tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Belitung, khususnya Kabupaten Belitung Timur, Kepulauan Bangka Belitung.

KompasTravel sempat berpetualang menelusuri tempat-tempat eksotis yang dijadikan latar cerita Ikal dan kawan-kawannya saat Customer Media Gathering BW Suite di Belitung.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Pegunjung dapat melihat ratusan karya Andrea Hirata yang berupa kutipan sastra hingga novelnya yang diterbitkan dengan berbagai bahasa, di Ruang Tengah Museum Kata Andrea Hirata.

1. Museum Kata

Disinilah tempat tinggal Ikal yang sebenarnya merupakan penulis novel terkenal tersebut, Andrea Hirata. Kini rumahnya telah disulap menjadi Museum Kata Andrea Hirata.

Warna-warni bangunan yang dipenuhi "kata-kata" di setiap dinding, itulah Museum Kata Andrea Hirata di Belitung Timur. Tepatnya berlokasi di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Belitung Timur.

Pengunjung dapat menikmati beragam atraksi edukatif, dari menikmati kopi khas Belitung hingga belajar musik jazz bersama Andrea Hirata. Selain itu, Anda dapat berfoto di banyak spot foto ber latar karya tulis yang didesain klasik.

Ada semacam opera sederhana dengan panggung mini, tempat pertunjukan anak-anak, dapat juga mengirimkan surat menggunakan kartu pos, dan membeli suvenir khas Laskar Pelangi.

KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Wisatawan tengah berfoto dengan latar belakang Replika SD Laskar Pelangi yang terletak di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Belitung Timur, Bangka Belitung, Selasa (8/3/2016).

2. SD Muhammadyah Gantong

Bangunannya kini sudah menjadi replika, karena yang asli selain lokasinya jauh juga sudah tidak mirip dengan yang di film. SD Islam Tertua di Belitung ini harus bertahan di tengah-tengah SD perusahaan Timah yang serba modern dengan bayaran mahal kala itu.

Saat ini setiap akhir pekan, bangunan tersebut selalu didatangi wisatawan. ‘Sekolah Laskar Pelangi’ kini sudah menjadi tempat wisata. Di sana, wisatawan bisa merasakan suasana kelas dengan bangku-bangku kayu penuh coretan serta papan tulis yang tergantung di depan kelas, persis seperti di cerita dan film.

Di depan sekolah, terdapat tiang bendera yang mengibarkan bendera Merah Putih di tengah pasir putih bekas tambang timah.

Replika SD Laskar Pelangi ini terletak di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Belitung Timur. Hanya menempuh waktu 10 sampai 15 menit menggunakan kendaraan dari Museum Kata Andrea Hirata.

KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Pantai Tanjung Tinggi dipenuhi wisatawan yang ingin berfoto di bebatuan granit ciri khas pantai di Belitung.

3. Pantai Tanjung Tinggi

Pantai Tanjung Tinggi, pantai yang terkenal dengan Pantai Laskar Pelangi ini menyuguhkan pemandangan yang eksotis, air biru yang tenang, batu-batu granit yang menjulang, dan berpasir putih super halus.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com