Lomba Lari di Bandara Sam Ratulangi Cara Sulut Genjot Pariwisata

Kompas.com - 19/03/2016, 08:31 WIB
|
EditorI Made Asdhiana
MANADO, KOMPAS - Hampir 1.000 peserta dari kalangan umum dan pelari profesional mengikuti Airport Running Series 2015-2016 di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (19/3/2016) pagi.

Lomba lari ini menjadi bagian untuk promosi wisata di kawasan Indonesia timur. Lomba lari ini merupakan seri keempat dan menjadi pamungkas dalam Airport Running Serier 2015-2016. Seri pertama digelar di Solo, Lombok, dan Kupang.

Kali ini para peserta dilepas oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Direktur Utama Angkasa Pura I Sulistyo Wimbo Hardjito, dan General Manager Bandara Sam Ratulangi Halendra Waworuntu.

Lomba lari ini terbagi atas jarak 10 kilometer, 5 km, dan 2,5 km. Rutenya dari Bandara Sam Ratulangi, kemudian mengelilingi Jalan AA Maramis yang menjadi akses masuk ke bandara. Para pelari terbagi atas pelari profesional untuk jarak 10 km, kalangan umum untuk 5 km, dan peserta 2,5 km mengenakan kostum menarik.

Wimbo menyampaikan, running series kali ini memberi warna berbeda karena khusus lari 5 kilometer menggunakan halang rintang berupa jalur berair. "Lomba lari di Manado ini juga berlangsung paling meriah dibandingkan seri lainnya," jelasnya.

Lebih lanjut Wimbo menyampaikan, Manado adalah potensi yang kaya. Pariwisata dan perdagangan harus maju agar ekonomi masyarakat menggeliat. "Masyarakat dan pemerintah harus maju bersama," katanya.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey menyambut antusias seri lari bandara ini karena dapat mulai menarik kunjungan wisata di Manado dan daerah di sekitarnya.

"Seri lomba lari ini sangat baik menarik wisatawan. Kami sebagai pemerintah akan terus mendukung," katanya.

Olly mengaku, telah mengupayakan agar Bandara Sam Ratulangi dapat segera melayani bebas visa bagi wisatawan asing. Salah satu sasarannya saat ini adalah wisatawan China. "Sedang kami upayakan terus agar bebas visa ini dapat segera terealisasi," jelasnya.

Toni, salah seorang peserta 5 km ini mengungkapkan, sangat antusias mengikuti ajang lari di bandara ini. "Ini kegiatan akhir pekan yang menyenangkan dan sehat," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.