Kompas.com - 19/03/2016, 21:18 WIB
Peserta TakeMeAnywhere bersiap rafting bersama Bali Adventure Tours di Sungai Ayung, Gianyar, Sabtu (19/3/2016). ANDRA BEDY EKO SETIAWAN Peserta TakeMeAnywhere bersiap rafting bersama Bali Adventure Tours di Sungai Ayung, Gianyar, Sabtu (19/3/2016).
|
EditorI Made Asdhiana
UBUD, KOMPAS.com - Seru! Satu kata tersebut disepakati para pemenang kompetisi "TakeMeAnywhere" saat mencoba rafting di Sungai Ayung, Ubud, Gianyar, Sabtu (19/3/2016) sore.

Perjalanan dimulai dari titik start di Ubud Adventure Center. Para pemenang mulanya harus turun melalui ratusan anak tangga untuk mencapai tepian Sungai Ayung. Setelah pembekalan, para peserta "TakeMeAnywhere" pun mulai menjajal jeram-jeram.

Kegiatan rafting tersebut dikelola oleh Bali Adventure Tours yang memang sudah sejak tahun 1989 biasa membawa tamu untuk rafting di Sungai Ayung. Pengarungan berlangsung selama kurang lebih 2 jam di sungai sepanjang lebih dari 9 kilometer.

(BACA: Tips Arung Jeram di Sungai Ayung)

Teriakan-teriakan keseruan terdengar membahana setiap peserta rafting melewati jeram. Di beberapa titik, peserta turun dan berenang santai mengikuti arus. Keseruan semakin menjadi saat tersiram air terjun kecil. Tak lupa, selama berarung jeram, mereka asyik mengabadikan kegiatan tersebut.

Salah satu hal menarik selama berarung jeram di Sungai Ayung adalah peserta bisa melihat tebing andesit yang dihiasi ukiran relief berceritakan kelahiran Rama dari kisah Ramayana. Relief ini memenuhi tebing sepanjang 500 meter.

"Jadinya arung jeram tapi seni," kata Andra Bedy Eko Setiawan (24), salah satu pemenang, kepada KompasTravel.

(BACA: Menantang Jeram-jeram Liar Sungai Ayung)

Andra menuturkan pengalamannya di Sungai Ayung merupakan kali pertama mencoba berarung jeram. Menurutnya, pengalaman tersebut begitu seru.

Hal senada juga diungkapkan pemenang lainnya, Kharizta Ajeng (24) yang mengaku baru kali pertama berarung jeram. Awalnya, ia sempat takut berarung jeram di Sungai Ayung. "Tetapi ternyata asyik dan seru banget," katanya.

Menurut Kharizta, berarung jeram di Sungai Ayung bersama Bali Adventure Tours cocok untuk pemula.

Devi Nila, Marketing Manager Bali Adventure Tours menuturkan bahwa arung jeram di Sungai Ayung memiliki grade 2-3, sehingga cocok untuk pemula. "Aman untuk (usia) 5 sampai 65 tahun," katanya.

Devi menambahkan Bali Adventure Tours bisa dibilang sebagai pelopor operator arung jeram di Sungai Ayung. Setiap peserta akan dipandu oleh pemandu profesional bahkan dilengkapi asuransi.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X