Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapankah Waktu Terbaik "Menantang" Jeram-jeram Sungai Ayung?

Kompas.com - 20/03/2016, 06:52 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

UBUD, KOMPAS.com – Jika ingin mencoba petualangan arung jeram di Sungai Ayung, pastikan Anda datang mulai bulan Desember. Pasalnya, aliran air Sungai Ayung tergolong deras mulai bulan tersebut.

“Mulai bulan-bulan itu, hujan sudah mulai turun. Seru bisa deras tapi tetap aman,” kata pemandu wisata arung jeram Bali Adventure Tours, Wayan Sudirgayasa (40) kepada KompasTravel di Tegallalang, Gianyar, Bali beberapa waktu lalu.

(BACA: Seru! Menjajal Jeram-jeram Sungai Ayung)

Saat hujan mulai turun di Gianyar pada bulan Desember, Wayan menaksir tinggi muka sungai bisa naik hingga 1 meter. Rekor kenaikan tinggi muka sungai bisa mencapai sampai 1,5 meter.

“Biasanya sampai bulan Maret musim bagusnya. Tapi, Sungai Ayung bisa tetap diarungi sepanjang tahun,” tambahnya.

(BACA: Tips Arung Jeram di Sungai Ayung)

Sungai Ayung memiliki panjang sekitar 68,5 kilometer. Airnya berasal dari tiga anak sungai dan berakhir di Pantai Sanur. Ketiga anak sungai itu adalah Tukad Bangkung yang berhulu di Pelaga, Tukad Menggani berhulu di daerah Catur dan Tukad Siap berhulu di daerah Kintamani, Bangli.

Sepanjang pengarungan sungai, pemandu wisata arung jeram Bali Adventure Tour menamakan jeram-jeram Sungai Ayung seperti Jeram Penggorengan, Jeram Londre, Jeram Tiong Shu, Jeram Sari Profit, Jeram Mega, Jeram Sobek, Jeram Pegawan, Jeram Negal, dan Jeram Cahaya Dewata.

Salah satu operator perjalanan Bali Adventure Tours menawarkan paket arung jeram dengan panjang pengarungan 9,6 kilometer yang akan ditempuh sekitar 2 jam. Wisatawan bisa mencoba paket arung jeram ini dengan harga Rp 555.000 untuk dewasa dan Rp 355.000 untuk anak usia maksimal 12 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com