Kompas.com - 21/03/2016, 07:49 WIB
Salah satu kolam untuk menikmati 'bebek air' di kawasan wisata Lombongo di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo. KOMPAS.COM/ROSYID A AZHARSalah satu kolam untuk menikmati 'bebek air' di kawasan wisata Lombongo di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.
|
EditorI Made Asdhiana

GORONTALO, KOMPAS.com – Bila ingin menikmati kesegaran air panas dan dingin dari alam dalam satu tempat, maka Lombongo adalah tempat yang tepat. Lombongo merupakan kawasan wisata alam di Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Tidak sulit untuk menjangkau daerah ini. Tidak lebih dari 30 menit perjalanan menggunakan sepeda motor atau mobil dari kota Gorontalo ke arah timur.

Lombongo adalah salah satu dari banyak pilihan tempat wisata di daerah ini. Lokasi ini menawarkan keindahan alam, keragaman biodiversitas, pemandian air panas dan dingin, air terjun, sungai, dan hutan taman nasional.

(BACA: Keindahan Bawah Laut Olele, Surga yang Tersembunyi)

Kolam pemandian air panas ini bisa dinikmati berkat kemurahan alam menyediakan sumber-sumber mata air panas yang keluar dari dalam perut bumi. Aktifitas geothermal di kawasan ini menjadikan Lombongo sebagai lokasi yang layak untuk dikunjungi dan dinikmati.

Menariknya, di samping kolam pemandian terdapat sungai yang mengalirkan air pegunungan sepanjang tahun, jernih dan segar. Gemercik air mengalir di antara batu-batu gunung dan tetumbuhan di pinggirnya menambah pesona tersendiri.

(BACA: Pulo Cinta, Pulau Romantis Berbentuk "Love" di Gorontalo)

“Kesegaran air hangat dan dingin dalam satu lokasi merupakan anugerah bagi pengunjung. Pancaran air yang keluar dari perut bumi ini menjadi terapi yang baik bagi mereka yang memiliki keluhan kesehatan, bahkan bagi yang sehat pun menjadi terapi untuk lebih bugar lagi,” kata Daniel Rahardjo, pengunjung asal Semarang, Sabtu (19/3/2016).

FAIZAL JAU Sungai di samping kolam renang yang mengalirkan air segar bisa dinikmati pengunjung di destinasi wisata Lombongo, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.
Kelok sungai di antara batu dan pepohonan adalah pemandangan indah tersendiri. Sambil menikmati kesegaran airnya, pengunjung dapat berlama-lama berendam di sungai ini. Aliran airnya akan memberi sensasi tersendiri saat melewati badan.

“Gelembung dari riak kecil, pusaran air, suhu, kejernihan, dan batu-batunya menjadi sensasi saat kita berbaring di sungai. Biarkan tubuh dialiri air dari pegunungan taman nasional Bogani Nani Wartabone” ungkap Daniel.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X