Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyuwangi Kembangkan Tiga Destinasi Wisata Baru

Kompas.com - 29/03/2016, 08:15 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mengembangkan tiga obyek wisata baru untuk menarik kunjungan wisatawan. Tiga obyek wisata baru tersebut adalah Waduk Sidodadi, Pantai Bangsring, dan Pantai Grand New Watu Dodol di Kalipuro.

"Waduk Sidodadi itu daerah perkebunan nanti akan dibangun dusun cokelat," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas usai Jumpa Pers Tour de Banyuwangi Ijen di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin (28/3/2016).

Waduk Sidodadi sendiri merupakan daerah perkebunan cokelat yang terletak di Kecamatan Glenmore.

Selain itu, Waduk Sidodadi adalah salah satu daerah juga yang dilewati oleh rombongan pesepeda Tour de Banyuwangi Ijen pada Mei mendatang.

"Kalau untuk Pantai Bangsring, itu berawal dari nelayan-nelayan yang merusak terumbu karang dengan bom ikan. Sekarang sudah berubah, anak-anak bisa berenang bersama ikan," imbuhnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi Mohamad Yanuarto Bramuda menambahkan, Grand New Watudodol di Kecamatan Wongsorejo akan dikembangkan menjadi tiga daerah untuk wisatawan yang datang baik dari wisatawan nusantara, lokal, maupun mancanegara.

"Nanti ada kawasan untuk umum, minat khusus, dan private. Lahan yang dikembangkan sekitar 12 hektar," kata Bramuda kepada KompasTravel usai jumpa pers.

Secara konsep, Grand New Watu Dodol untuk area yang ditetapkan private akan dibangun resort-resort yang terpisah antara wisatawan mancanegara dan nusantara.

Sedangkan, untuk daerah yang bersifat umum bisa dikunjungi oleh wisatawan umum dan area minat khusus adalah area yang menjadi tempat tenda-tenda dibangun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com