Kompas.com - 30/03/2016, 18:25 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com - Dua pengunjung baru saja memasuki toko dua lantai di Jalan Merdeka, No 18, Simpang Empat, Lhokseumawe, Rabu (30/3/2016). Mereka memilih beberapa tas rajut karya perajin yang berjejer rapi di dalam toko itu.

Sementara, tiga penjaga toko sibuk melayani pembeli lainnya. Toko itu salah satu toko tertua yang menyediakan aneka suvenir Aceh.

(BACA: Tips Blusukan di Pasar Ubud Belanja Oleh-oleh...)

Berdiri sejak 1990-an. Toko itu menyediakan tas, kopi, dendeng, baju kaus, baju kemeja, kasab, rencong dan aneka suvenir lainnya.

“Yang paling dicari tas, baju kaus, dan kasab,” sebut penjaga toko, Fachrizal kepada KompasTravel.

KOMPAS. COM/MASRIADI Pembeli sedang memilih souvernir khas Aceh di Toko Putroe Aceh, Lhokseumawe, Rabu (30/3/2016).
Seluruh barang yang dijual di toko itu produk lokal dari Aceh. Misalnya, sambung Fachrizal, kasab hasil produksi Kabupaten Pidie. Tas diproduksi di Ulee Madon, Aceh Utara. Peci diproduksi di Teupin Punti, Aceh Utara.

“Kaus kita produksi sendiri. Kita siapkan desainnya dan cetak sendiri,” kata Fachrizal.

Dia membuka toko itu sejak pukul 08.00-22.00 WIB. Saban hari, pengunjung datang memilih aneka suvenir. Umumnya, pembeli berasal dari luar Aceh. Sebagian kecil merupakan turis asing.

(BACA: Kendi Maling di Lombok Dikenal sampai Eropa)

“Lhokseumawe bukan kota wisata. Jadi tidak ada tren penjualan meningkat di bulan tertentu. Jika kota wisata, ada bulan tertentu yang ramai pengunjung mencari pembeli,” ujar Fachrizal.

Meski begitu, toko itu tetap bertahan. Terletak di pusat kota dan sangat strategis dikunjungi pembeli.

KOMPAS. COM/MASRIADI Dendeng, salah satu souvernir khas Aceh di Toko Putroe Aceh, Lhokseumawe, Rabu (30/3/2016).
“Penjualan kita stabil saja. Tidak ada peningkatan penjualan berarti. Jika Lhokseumawe jadi kota wisata, penjualan suvenir akan meningkat,” terangnya.

Harga jual pun bervariasi. Tergantung jenis barang yang dibeli, mulai puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Kini, jika Anda ke Lhokseumawe, silakan berburu oleh-oleh khas Aceh yang tersohor itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.