Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Coba Aktivitas Telusur Goa? Datang ke Pameran Wisata Ini...

Kompas.com - 31/03/2016, 12:32 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya pameran wisata selam, Deep & Extreme Indonesia 2016 juga menghadirkan beragam aktivitas seperti mencoba kegiatan naik (ascending) dan turun (descending) di seutas tali seperti dalam wisata telusur goa vertikal.

Pengunjung bisa menemukan kegiatan itu di Caving Wall stan Himpunan Kegiatan Speleologi Indonesia (Hikespi). Pengunjung akan menggunakan peralatan ascending dan descending seperti helm, seat harness, chest harness, jummar, crol, carrabiner, auto stop dan juga foot loop layaknya penelusur goa yang akan bertualang di goa vertikal.

Penanggung Jawab Caving Wall Hikepsi di Deep & Extreme Indonesia 2016, Rudy Setiawan mengataka, kegiatan di Caving Wall ini bisa dicoba oleh para pengunjung dari umur 10 tahun.

Di Caving Wall ini terdapat enam lintasan untuk naik dan turun, dua lintasan howling, dan satu lintasan pendulum (berpindah lintasan).

"Pengunjung bisa mencoba gratis naik dan turun di lintasan setinggi 4,6 meter. Bisa juga merasakan sensasi ascending dan descending," kata Rudy kepada KompasTravel di sela-sela acara Deep & Extreme Indonesia 2016 di Jakarta Convention Center, Kamis (31/3/2016).

Ia mengatakan, semua alat-alat untuk mencoba atraksi naik dan turun di seutas tali telah disediakan oleh pihak Hikespi. Selain alat-alat, pengunjung juga akan ditemani oleh instruktur-instruktur dari Hikespi.

"Jadi di sini kita mau mengenalkan dunia caving. Jadi selain pengunjung datang dan mencoba, bisa juga sharing-sharing," lanjutnya.

Di dekat Caving Wall, pengunjung juga bisa melihat pameran foto-foto tentang wisata goa di Indonesia. Pameran wisata bawah laut, "Deep and Extreme Indonesia" diselenggarakan pada 31 Maret hingga 3 April 2016 pagi di Cendrawasih Hall Jakarta Convention Center (JCC).

KOMPAS/LASTI KURNIA Warga berenang di dalam kolam air alami di dalam Goa Madira, Pulau Sabu, Nusa Tenggara Timur.
Dalam pameran tersebut ada 120 stan dari berbagai perusahaan penyedia jasa, alat dan perlengkapan, pengelola destinasi, hingga komunitas selam dan petualangan.

Beberapa rangkaian acara di Deep & Extreme 2016 seperti workshop "Dive and Drone Filming", "Tips Video Dokumentasi Traveling", dan "Safety in Adventure Travel" juga bisa diikuti pengunjung.

Pengunjung yang ingin datang ke Deep & Extreme Indonesia 2016 dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp 25.000 per orang per hari atau Rp 60.000 per orang untuk empat hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com