Kompas.com - 31/03/2016, 21:02 WIB
Seorang pengunjung menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Labengki, Sabtu (4/5/2013). Aneka ragam terumbu karang menjadi salah satu keistimewaan pariwisata di Pulau Labengki, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.
KOMPAS/MOHAMAD FINAL DAENGSeorang pengunjung menikmati keindahan alam bawah laut Pulau Labengki, Sabtu (4/5/2013). Aneka ragam terumbu karang menjadi salah satu keistimewaan pariwisata di Pulau Labengki, Konawe Utara, Sulawesi Tenggara.
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Sulawesi Tenggara mengunggulkan dua obyek wisata bahari Pulau Bokori dan Kepulauan Labengki di Pameran wisata "Deep and Extreme Indonesia". Dua obyek wisata bahari tersebut menawarkan pengalaman menikmati pasir pantai yang putih, biru laut, dan juga batu karang.

Salah satu perwakilan stan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulawesi Tenggara, Ino mengatakan, Pulau dahulu tak ada wisatawan yang pergi ke Pulau Bokori. Pulau itu juga awalnya dihuni oleh penduduk dari suku Bajo.

"Dulu benar-benar mati belum ada yang mau ke Pulau Bokori. Semenjak digarap pemerintah dari dua tahun yang lalu, wisatawan sudah mulai berdatangan," kata Ino kepada KompasTravel di sela-sela acara Deep & Extreme di Jakarta Convention Centre, Kamis (31/3/2016).

Ia menuturkan sejak dikelola pemprov setempat, termasuk dengan menggelar Festival Bokori dan juga pembangunan resor-resor, perkembangan pariwisata mulai terasa.

"Jadi bisa dibilang ini obyek wisata unggulan di Sulawesi Tenggara. Dari kota Kendari juga tak terlalu jauh," jelasnya.

Pulau Bokori bisa dijangkau terlebih dahulu dari Kota Kendari. Jika berangkat dari Jakarta, penerbangan yang tersedia menuju Kendari adalah Garuda Indonesia, Lion Air, dan Sriwijaya.

Selanjutnya, wisatawan harus melanjutkan perjalanan menuju Desa Bajo Mekar, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe.

Pulau Bokori terletak di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara dengan jarak sekitar 15 menit perjalanan dari Desa Mekar menggunakan perahu katingting. Sayangnya di sana belum terdapat pelabuhan khusus yang menyediakan penyeberangan reguler.

Obyek wisata lain yang juga diunggulkan Sulawesi Tenggara adalah Kepulauan Labengki. Di sana, wisatawan bisa pergi mendaki bukit-bukit di pulau-pulau kecil, berenang, menikmati hamparan pasir putih, hingga berkeliling pulau.

"Kepulauan Labengki juga disebut dengan "Raja Ampat"-nya Sulawesi Tenggara. Di sana kan banyak pulau-pulau kecil," jelas Ino.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.