Kompas.com - 02/04/2016, 11:06 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Biasa berlibur di daratan bersama keluarga, tentu akan bisa terasa mengasyikkan untuk mencoba paket wisata berlayar dengan kapal pesiar (cruise). Anak-anak akan diajak naik kapal pesiar, menikmati fasilitas kapal pesiar seperti kolam renang, pusat perbelanjaan, hingga tidur di kabin-kabin berbagai kelas sambil melihat pemandangan laut lepas.

Tentunya, berwisata menggunakan kapal pesiar dengan keluarga juga perlu perencanaan yang matang agar liburan terasa menyenangkan. Cruise Consultant dari agen wisata Cruise Center, Naomi kepada KompasTravel membagikan tips yang perlu perhatikan ketika ingin berlibur dengan kapal pesiar bersama anak-anak.

Tanyakan fasilitas di kapal pesiar

Tiap kapal pesiar punya fasilitas yang berbeda seperti tempat main anak yang bisa digunakan gratis, makanan gratis ataupun kolam renang. Tanyakan perihal syarat-syarat untuk menggunakan fasilitas-fasilitas tersebut.

Pilih tujuan yang dekat

Anak-anak cenderung akan bosan ketika menempuh perjalanan jauh sebelum mulai perjalanan berlayar dengan kapal pesiar. Beberapa operator kapal pesiar mensyaratkan wisatawan untuk berangkat dari titik yang ditentukan yang tentunya bukan di Indonesia. Pilihlah tujuan yang tak jauh dan tak memakan waktu lama.

Dok. Royal Caribbean International Royal Caribbean International meluncurkan Quantum of the Seas, pada November 2014, tampak di foto adalah kamar Grand Loft Suite dengan balkon.
Rencanakan dari jauh hari

Saat ingin berwisata dengan kapal pesiar maupun liburan pada umumnya, rencanakan sejak jauh hari. Wisatawan bisa mendapatkan harga-harga menarik untuk paket wisata kapal pesiar tersebut. Selain itu, perencanaan dari jauh hari akan memberi waktu untuk berdiskusi bersama anak untuk menentukan tujuan liburan dengan kapal pesiar.

Perlengkapan bayi

Jika berlibur bersama si buah hati yang masih berumur tiga tahun, jangan lupa persiapkan perlengkapan bayi seperti popok, botol susu, tisu basah, mainan, baju ganti, dan perlengkapan kecil lain. Di kapal pesiar akan sulit menemukan perlengkapan bayi dan jika ada tentu harganya akan mahal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.