April ke Jember, Ada Festival Pendalungan - Kompas.com

April ke Jember, Ada Festival Pendalungan

Kompas.com - 03/04/2016, 15:00 WIB
KOMPAS.com / Wahyu Adityo Prodjo Langit berubah warna menjelang matahari terbenam di Pantai Tanjung Papuma, Jember, Jawa Timur, Jumat (11/9/2015). Pantai Tanjung Papuma berada di pantai selatan Jawa Timur. Pantai Tanjung Papuma terletak sekitar 45 kilometer dari Stasiun Jember

JEMBER, KOMPAS.com - Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jember, Jawa timur, akan menggelar Festival Pendalungan sebagai identitas budaya Kabupaten Jember pada April 2016.

"Festival itu akan mengenalkan budaya pendalungan kepada masyarakat luas, termasuk kepada wisawatan yang akan datang ke Jember," kata Kepala Bidang Kebudayaan Sirajudin di Jember, Jumat (1/4/2016).

Kegiatan tersebut akan dikemas dalam bentuk festival yang menampilkan berbagai budaya pendalungan yang ada di Jember.

"Pendalungan merupakan perpaduan tiga budaya besar yang berpengaruh di Jember yakni Jawa, Madura, dan budaya Osing Banyuwangi, namun juga ada tambahan budaya Arab dan Tiongkok," tuturnya.

Para pelajar juga akan dilibatkan dalam festival tersebut sebagai upaya untuk mengenalkan budaya Pendalungan sejak dini kepada para siswa.

Festival Pendalungan akan menampilkan kesenian Can-Macanan Kadhuk, Campursari, jaranan dan Reog yang merupakan kesenian yang sudah berkembang sejak dulu di Jember.

"Dengan kegiatan festival pendalungan diharapkan bisa mendongkrak kunjungan wisatawan ke Jember, sehingga masyarakat luas bisa mengenal lebih jauh tentang budaya pendalungan, termasuk wisatawan mancanegara," ujarnya.

Kepala Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Jember Sandi Suwardi Hasan mengatakan pihaknya akan memperbanyak kegiatan festival dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

"Kami sudah menginventarisasi sejumlah kegiatan festival yang bisa digarap di Jember tahun ini dan total ada sekitar 19 festival yang dapat dikemas dengan apik, termasuk Festival Pendalungan," katanya.

Selama tahun 2015, jumlah kunjungan wisatawan domestik di Kabupaten Jember sebanyak 1.050.000 orang, sedangkan wisatawan asing sekitar 7.000 orang.

"Kami targetkan kunjungan wisatawan domestik bisa meningkat menjadi dua juta orang dan wisatawan asing bisa tembus 15.000 orang," tuturnya. (Antara/Zumrotun Solichah)


EditorNi Luh Made Pertiwi F
SumberANTARA

Close Ads X