Kompas.com - 04/04/2016, 09:15 WIB
Keindahan bawah laut di Alor, Nusa Tenggara Timur. ARSIP KOMPAS TVKeindahan bawah laut di Alor, Nusa Tenggara Timur.
EditorI Made Asdhiana

KUPANG, KOMPAS.com - Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya menyatakan siap menerima dan menjamu wisatawan dari negara manapun termasuk Jepang yang ingin mengunjungi Kabupaten Alor guna menikmati wisata bahari dengan dasar laut yang cocok untuk snorkeling.

"Apabila promosi yang tengah dilakukan Kementerian Pariwisata di Jepang dan mengajak wisatawan Negeri Sakura itu ke sejumlah wisata air di Indonesia termasuk di Alor dan Labuan Bajo maka kita siap menyambutnya," kata Gubernur Frans Lebu Raya di Kupang, Sabtu (2/4/2016).

Saat ini Kemenpar gencar membidik potensi wisatawan Jepang, dengan menggelar promo di Tokyo Marine Diving di Ikebukuro, 1 sampai 3 April 2016 dan diharapkan ada yang tertarik melihat keindahan alah bawah laut di sejumlah tempat di Indonesia.

(BACA: Tahun 2016 Kemenpar Incar Dua Kategori Wisatawan Jepang Ini...)

NTT, menurut Frans, memiliki potensi itu sehingga pemerintah dan masyarakat sangat mendukung promosi dan ajakan itu untuk mendatangkan 1.500 penyelam yang ditargetkan ke berbagai daerah di Tanah Air.

ARSIP KOMPAS TV Terumbu karang di Alor, Nusa Tenggara Timur
Menurut Frans, saat ini berbagai pihak yang peduli terus mendorong NTT mewujudkan tekadnya menjadi destinasi atau daerah tujuan wisata dunia karena potensi pariwisata NTT tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia.

"Namun tekad itu bisa terwujud kalau obyek-obyek wisata serta seni budaya dan kerajinan yang dimiliki dipelihara dan dikembangkan secara baik dan terus-menerus sehingga diketahui dan menarik minat para wisatawan ke NTT," katanya.

Sebab, lanjut Frans, menjadikan NTT sebagai destinasi wisata dunia, maka semua pengelolaan aset wisata dan destinasi harus disesuaikan dengan pasar pariwisata dunia.

"Artinya, masyarakat diimbau untuk menjaga, memelihara destinasi wisata. Juga memelihara aset-aset seni dan budaya, kerajinan ekonomi kreatif dan mempromosikan ke berbagai daerah bahkan negara lain secara lengkap, sehingga menarik wisatawan untuk datang," katanya.

KOMPAS/SARIE FEBRIANE Pantai Batu Putih di Pulau Alor.
Pemerintah Daerah NTT tengah menangkap peluang ini dengan cara menyiapkan data-data yang akurat dan komprehensif terkait potensi pariwisata dan potensi sumber daya alam dan manusianya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.