Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musi Triboatton 2016 Akan Digelar Mei Mendatang

Kompas.com - 08/04/2016, 05:12 WIB
Wahyu Adityo Prodjo

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - International Musi Triboatton (IMT) 2016 akan digelar pada tanggal 11-15 Mei 2016. Ajang ini akan berlangsung sebanyak lima etape dan juga menjadikan empat kabupaten dan satu kota menjadi tuan rumah.

"Di Musi Tribuaton ada olahraga kayak, dragon boat, dan rafting. Sungai akan terjaga baik dengan adanya festival tersebut," kata Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin dalam Launching Musi Triboatton di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (7/4/2016).

Adapun empat kabupaten dan satu kota yang menjadi tuan rumah pelaksanaan Internasional Musi Triboatton tahun ini adalah Kabupaten Musi Banyuasin, Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Empat Lawang, dan Kota Palembang.

KOMPAS.COM/WAHYU ADITYO PRODJO Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin bersama Menteri Pariwisata Arief Yahya serta jajaran pejabat Kemenpar dan Sumatera Selatan dalam launching 'Musi Triboatton 2016' di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis (7/4/2016) malam.
Menteri Pariwisata Arief Yahya sepakat menjadikan Sungai Musi sebagai ikon sport tourism. Bahkan, ia juga mengusulkan Musi Triboatton menjadi model sport tourism di Indonesia. "Saya tidak akan salah memilih Sumatera Selatan sebagai contoh," ungkapnya.

Awal kegiatan akan dimulai di Desa Tanjung Raya, Kecamatan Pendopo Barat, Kabupaten Empat Lawang. Kemudian dilanjutkan di Desa Ulak Mengkudu Lapangan SDN 14 Empat Lawang sebagai lokasi estafet peserta dengan finish di Jembatan Kuning, Tebing Tinggi untuk etape pertama.

Etape kedua akan dilaksanakan di Desa Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas. Etape ketiga dilaksanakan di Kota Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin. Etape keempat dimulai di Dermaga Pangumbuk, Kabupaten Banyuasin. Terakhir, etape kelima akan menjadi titik akhir peserta di Kecamatan 10 Ulu, Kota Palembang.

KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNA Peserta mengikuti lomba perahu naga Musi Triboatton di Palembang, Sumatra Selatan, Senin (3/12/2012). Musi Triboatton adalah lomba tiga jenis perahu (kano, naga, karet) dengan mengarungi Sungai Musi sejauh 500 kilometer yang melewati Kabupaten Empat Lawang, Musi Rawas, Musi Banyuasin, Banyuasin dan Palembang.
International Musi Triboatton 2016 merupakan paduan wisata penjelajahan atau penyusuran sungai dengan lomba dayung variatif menggunakan tiga jenis perahu (boat) yaitu; river boat, kayak dan traditional boat racing (TBR), dan penyusuran bersama dengan perahu induk dari hulu ke hilir sepanjang 500 kilometer dengan lintasan berarus deras (white water) dan berarus tenang (flat water).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com