Kompas.com - 08/04/2016, 08:42 WIB
EditorI Made Asdhiana

SABANG, KOMPAS.com - Wisatawan kapal pesiar Artania berbendera Bermuda yang merapat di Pelabuhan CT3 Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS), Kamis (7/4/2016), sangat berminat berbelanja suvenir khas Aceh.

Wisatawan kapal pesiar Artania yang datang untuk kedua kalinya ke Sabang itu disambuut dengan tarian tradisional Saman dari dataran tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah.

Wisatawan turun menikmati pesona alam Sabang yang luasnya sekitar 153 kilometer persegi. Selain itu juga para wisatawan yang berasal dari berbagai negara tersebut juga terlihat sangat antusias dengan suvenir khas Aceh.

(BACA: Bawa 700 Turis, Kapal Pesiar Artania Kembali Kunjungi Sabang)

"Banyak wisatawan kapal Artania turun dan mereka sangat meminati suvenir ukiran khas Aceh. Mereka membelinya pakai dollar AS," kata salah satu pedagang suvenir di Pelabuhan CT3.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Reza Fahlevi mengatakan, pihaknya terus mempromosikan potensi wisata yang ada di seluruh Aceh dan Sabang yang merupakan jalur lintasnya kapal-kapal internasional yang diapit Selat Malaka dan Samudera Hindia.

"Kita terus menggalakkan serta mempromosikan semua obyek-obyek wisata yang kita miliki. Untuk menyambut turis kapal Artania, kita melibatkan pengusaha lokal dan ada juga yang kita bawa dari Banda Aceh. Sekalian gelar pasar kerajinan Aceh," kata Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Aceh, Amiruddin.

(BACA: Mari Berburu Oleh-oleh Khas Aceh...)

Lebih lanjut Amiruddin mengatakan, untuk melahirkan pelaku usaha industri rumahan pihaknya ke epan akan bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Aceh.

"Industri pariwisata terus kita kembangkan, dan ini harus dibarengi dengan kerajinan-karajinan yang bernilai seni. Ke depan juga kita mengharapkan Disperindag harus lebih gencar mengembangkan usaha home industri secara bersama-sama," ujarnya.

Kepala BPKS Fauzi Husein menambahkan, setiap tahun kunjungan kapal pesiar ke Sabang terus meningkat, dan dia mengakui akan terus mempromosikan potensi wisata yang sudah mendunia sejak tempo dulu.

"Tahun 2015 ada sekitar tujuh kapal pesiar yang merapat di Sabang dan tahun 2016 ini yang sudah yang sudah konfirmasi ada 16 kapal akan merapat di Sabang. Kita mengharapkan ke depan kunjungannya terus meningkat, demi pertumbuhan ekonomi masyarakat Sabang dan Aceh," imbuh Fauzi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.