Kompas.com - 13/04/2016, 16:11 WIB
|
EditorNi Luh Made Pertiwi F

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa yang tak kenal dengan kuliner martabak? Penganan dari bahan tepung terigu dicampur dengan gula pasir, telur, susu, dan aneka bahan lain yang dipanggang di loyang panas siap membuat lidah bergeliat. Apalagi ditambah dengan taburan isi martabak yang bervariasi.

Umumnya adonan martabak yang akan dituangkan ke loyang berwarna putih pucat. Setelah dipanggang, hasilnya akan berwarna kecoklatan pada bagian luar dan siap diisi dengan tambahan taburan sebagai isi martabak seperti cokelat, keju, dan wijen.

Namun, di Kota Jakarta ada sebuah kedai yakni Martabak Blackpool yang menawarkan martabak dengan adonan berwarna hitam sejak bulan Mei tahun 2015 lalu. Apa rahasia di balik warna hitam martabak tersebut?

Pemilik Kedai Martabak Blackpool, Celine (21) mengatakan, warna hitam martabak tersebut berasal dari penambahan tepung khusus ke dalam adonan martabak. Ia menyebut, tepung tersebut bernama tepung black forest.

"Jadi ketika dibuat adonan martabak, ditambahin tepung black forest. Itu tepung kita impor langsung dari Australia," kata Celine kepada KompasTravel di Jakarta, Selasa (12/4/2016).

Ia melanjutkan, penggunaan tepung black forest tersebut dibuat dan diracik sendiri di Australia sebelum dikirim ke Indonesia. Menurutnya, tepung black forest tak bisa ditemukan di Indonesia.

KOMPAS.com / Ari Prasetyo Hidangan kuliner Martabak Blackpool dengan nama Creamy Mozaik.
"Setahu saya di Indonesia gak ada. Jadi ada saudara saya di Australia yang kirim lewat relasi ke Indonesia," ungkapnya.

Penambahan tepung tersebut menurut mahasiswa tingkat akhir di perguruan tinggi swasta di Jakarta ini dalam rangka ingin menghadirkan inovasi martabak yang berbeda. Awalnya, ia bersama Hendi (21) yang juga berstatus sebagai pemilik Kedai Martabak Blackpool itu, mencari perbedaan antara martabak yang telah ada pada tahun 2015.

"Bisa dibilang waktu tahun 2015 pas buka, martabak itu lagi booming-booming-nya. Kita pilih martabak hitam. Makanya jadi kita pakai tepung black forest," jelas perempuan kelahiran Jakarta ini.

Martabak Blackpool memiliki enam cabang yang tersebut di Jakarta dan Bogor yaitu di Tebet, Gandaria, Pantai Indak Kapuk, Kelapa Gading, Kedoya, dan Bogor. Terdapat tujuh hidangan martabak dengan aneka isi yang bisa dicicipi di Martabak Blackpool seperti cokelat, keju, spesial (cokelat, keju, kacang, wijen), Cream Cheese Oreo, Scarlet, Creamy Mozaic, dan Hershey's Cookies n' Cream.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.