Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asyik, Citilink Buka Rute Penerbangan Lombok-Jakarta

Kompas.com - 14/04/2016, 17:11 WIB

MATARAM, KOMPAS.com - PT Citilink Indonesia membuka rute penerbangan Lombok-Jakarta dan sebaliknya sebagai salah satu bentuk pengembangan bisnis dan dalam rangka mendukung pengembangan pariwisata di Nusa Tenggara Barat.

"Rute penerbangan Lombok-Jakarta ini akan resmi dibuka pada 20 April 2016," kata Manager Pemasaran Wilayah PT Citilink Indonesia wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) Dedi Sudarwanto, di Mataram, Rabu (13/4/2016).

Ia menyebutkan, frekuensi penerbangan Lombok-Jakarta dua kali sehari, yakni dari Lombok International Airport (LIA) menuju Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta pada pukul 09.55 WITA, dan dari LIA menuju Bandara Soekarno-Hatta Jakarta pada pukul 20.10 WITA.

Untuk penerbangan dari Bandara Soekarno Hatta menuju LIA pada pukul 06.05 WIB, dan dari Bandara Halim Perdana Kusuma menuju LIA pada pukul 16.35 WIB.

Jenis pesawat yang dipakai Citilink untuk melayani rute Lombok-Jakarta dan sebaliknya, yakni Air Bus A320 dengan jumlah kursi penumpang 180 orang.

"Harga tiket terendah atau promo untuk sementara di kisaran Rp500 ribu per orang," ujarnya.

Selain melayani rute penerbangan Lombok-Jakarta, kata Dedi, perusahaannya juga sudah melayani penerbangan Lombok-Surabaya dan sebaliknya sebanyak tiga kali sehari, sehingga total ada lima kali penerbangan dari Lombok menuju daerah lain dan sebaliknya setiap hari.

Tingkat keterisian kursi penumpang rute penerbangan Lombok-Surabaya sejauh ini tergolong bagus, yakni rata-rata mencapai 75 persen.

Khusus untuk rute Lombok-Jakarta, lanjut dia, pihaknya menargetkan tingkat keterisian kursi penumpang mencapai 80 persen dalam satu kali penerbangan agar tidak merugikan perusahaan.

Citilink optimistis akan mampu mencapai target tersebut meskipun sudah ada kompetitor lain yang lebih dulu melayani rute penerbangan Lombok-Jakarta dan sebaliknya, seperti Lions Air dan Batik Air.

Bahkan Garuda Indonesia selaku induk perusahaan PT Citilink Indonesia juga sudah lama melayani rute penerbangan Lombok-Jakarta dan sebaliknya.

"Pasar penerbangan Lombok-Jakarta dan sebaliknya masih bagus, jadi kami optimistis masih bisa bersaing dengan kompetitor," ujar Dedi.

PT Citilink Indonesia adalah maskapai penerbangan bertarif rendah dan anak perusahaan Garuda Indonesia yang merupakan salah satu badan usaha milik negara (BUMN).

Perusahaan ini berdiri tahun 2001 sebagai unit bisnis strategis (SBU) dan difungsikan sebagai salah satu alternatif penerbangan berbiaya murah di Indonesia.

Sejak 30 Juli 2012 Citilink secara resmi beroperasi sebagai entitas bisnis yang terpisah dari Garuda Indonesia setelah mendapatkan Air Operator Certificate (AOC). (Antara/Awaludin)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com