Kompas.com - 15/04/2016, 07:31 WIB
Para penjual suvenir termangu menunggu pembeli di kompleks Piramida Besar Giza di Giza, Mesir, Selasa (21/10/2014). Piramida Besar Giza yang berusia hampir 5.000 tahun masih menjadi ikon pariwisata Mesir paling terkenal di seluruh dunia. KOMPAS/DAHONO FITRIANTOPara penjual suvenir termangu menunggu pembeli di kompleks Piramida Besar Giza di Giza, Mesir, Selasa (21/10/2014). Piramida Besar Giza yang berusia hampir 5.000 tahun masih menjadi ikon pariwisata Mesir paling terkenal di seluruh dunia.
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Mesir membidik potensi besar pasar wisatawan asal Indonesia dan berharap jumlah mereka yang berlibur ke negaranya semakin meningkat dengan target lama tinggal sedikitnya lima hari.

"Jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Mesir sejauh ini baru mencapai 23 ribu orang setiap tahun dengan lama tinggal dua sampai tiga hari," kata Kepala Urusan Ekonomi dan Bisnis Kedubes Mesir di Jakarta, Amin Sabry A.Meguid, Rabu (13/4/2016).

"Selama ini, kebanyakan wisatawan asal Indonesia masih menjadikan Mesir sekadar pintu gerbang menuju Yerusalem dan Arab Saudi," katanya saat menerima empat jurnalis Indonesia yang akan berpartisipasi dalam Program Kunjungan Media ke Mesir pada 17-24 April 2016.

Di masa depan, menurut Amin, para pelancong asal Indonesia diharapkan semakin melirik Mesir karena jumlah mereka yang berkunjung masih jauh di bawah jumlah penduduk Indonesia yang demikian besar.

"Selain itu, Mesir pun diharapkan tidak lagi sekadar dijadikan tempat transit tetapi benar-benar menjadi daerah tujuan wisata utama turis Indonesia di kawasan Timur Tengah," kata Amin Sabry yang dalam pertemuan itu didampingi Konselor Haitham Mokhtar.

Menjawab pertanyaan tentang dampak dari jatuhnya pesawat sipil Rusia di Semenanjung Sinai tahun lalu terhadap sektor pariwisata Mesir, Amin mengaku insiden tersebut cukup memukul bisnis perpelancongan Mesir karena anjloknya jumlah turis Rusia yang berkunjung.

Namun, terlepas dari kejadian tersebut, Amin Sabry mengatakan kondisi keamanan di negaranya sangat baik sehingga Mesir sangat layak untuk dikunjungi.

Di kalangan wisatawan mancanegara, Mesir yang mendapat julukan "Umm-Al-Dunya" atau "Induknya Dunia" selama ini dikenal sebagai negeri yang dikaruniai banyak tempat eksotis dan menarik untuk dikunjungi. Di antaranya adalah pesona Sungai Nil dan peninggalan peradaban tinggi masa silam seperti piramid dan Sphinx.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.