Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Sakau" Laut? Pahawang Pilihan "Weekend Getaway" Baru Warga Jakarta

Kompas.com - 16/04/2016, 19:55 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

BANDARLAMPUNG, KOMPAS.com - Bogor, Bandung, dan Kepulauan Seribu jadi 'weekend getaway' atau liburan akhir pekan favorit orang Jakarta. Tetapi kini ada Pahawang, pulau di Provinsi Lampung yang punya banyak suguhan.

Pulau Pahawang terletak di Kecamatan Punduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan. Pulau ini jadi destinasi wisata bahari, terutama snorkeling, karena 'kerajaan bawah laut'-nya yang indah dan terjaga. Terlebih lagi, Pahawang dikelilingi beberapa pulau kecil dengan pemandangan yang tak kalah indah.
 
"Pahawang jadi spot snorkeling terbaik di kawasan Lampung, tak perlu jauh-jauh dari Jakarta. Alamnya bagus, aksesnya mudah, akomodasi tersedia," tutur Ferry Irianto, General Manager Mal Ciputra Jakarta kepada KompasTravel di Pulau Pahawang, Sabtu (16/4/2016).
 
Pulau Pahawang menjadi destinasi media trip kali ini karena Mal Ciputra Jakarta akan mengadakan Festival Wisata Domestik 2016. Pameran yang mempromosikan berbagai destinasi wisata di Tanah Air itu akan digelar mulai 27 April-8 Mei 2016 mendatang.
 
KompasTravel menyambangi Pulau Pahawang lewat jalur darat dan laut. Pertama, perjalanan menuju Pelabuhan Merak kemudian dilanjutkan dengan naik kapal ferry sampai Pelabuhan Bakauheni. Perjalanan dilanjutkan lewat jalur darat, sekitar 3 jam perjalanan, hingga tiba di Pelabuhan Ketapang. Dari sini, perjalanan hanya tinggal 20 menit naik boat.
 
KOMPAS.com/Sri Anindiati Nursastri Snorkeling di Pahawang, Lampung.
Selain Pulau Pahawang Besar yang jadi destinasi utama, beberapa pulau di sekitarnya yang wajib dikunjungi adalah Pulau Kelagian Kecil yang jadi spot snorkeling, Pulau Kelagian Besar yang menyediakan aneka water sport, Pulau Pahawang Kecil yang punya 'pasir timbul' saat air laut surut, serta Cukuh Bedil yang punya terumbu karang ikon Pahawang.
 
Pulau Pahawang adalah salah satu destinasi yang nantinya akan dipromosikan dalam Pameran Wisata Domestik 2016. Selain itu, Ferry membocorkan, akan ada 40 travel agent langsung dari destinasi yang bersangkutan.
 
"Jadi, pengunjung bisa membeli paket dari travel agent yang langsung berdomisili di kota tujuan," tambahnya.
 
Pameran ini juga bekerja sama dengan maskapai AirAsia. Akan banyak promo tiket dan paket wisata, 'hot deal' juga lelang yang bisa Anda ikuti nanti.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com